Warga Muhammadiyah di Sejumlah Kecamatan Laksanakan Salat Id

oleh -41 views

Seputarmuria.com, PATI – Berikut imbauan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati terkait pelaksanaan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah.

Ketua PDM Pati Muhammad Asnawi mengatakan, pihaknya sepenuhnya merujuk edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait pelaksanaan salat Idulfitri dan silaturahim pascalebaran.

“Salat id dianjurkan di rumah masing-masing. Itu secara normatif. Tapi pada sisi empiris-sosiologis, ada sebagian dari cabang atau kecamatan di wilayah Pati yang masih menyelenggarakan salat id, baik di masjid maupun lapangan. Itu kami hargai sebagai sikap secara pribadi maupun kelompok saja, bukan sikap organisasi,” ujarnya.

Hal tersebut ia sampaikan usai mengikuti rapat koordinasi persiapan lebaran di Ruang Joyo Kusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (20/5/2020).

“Secara organisasi pihaknya memang sepenuhnya harus mematuhi putusan pimpinan pusat. Namun, ketika memasuki ranah ibadah, mulai pusat sampai tingkat paling bawah tidak memutlakkan untuk mengikuti.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan, memang di beberapa daerah, realitanya, masih ada sebagian warga Muhammadiyah yang tetap menyelenggarakan salat id.

“Tapi mayoritas, mungkin 90 persen lebih dari warga Muhammadiyah, sepenuhnya merujuk putusan pimpinan pusat. Menyelenggarakan salat id cukup di rumah,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang ia terima, lanjutnya, warga Muhammadiyah di Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Kayen, dan Desa Tambaharjo Kecamatan Pati masih menyelenggarakan salat idulfitri berjamaah.

“Kalau yang lain, sepengetahuan saya masih merujuk edaran, tetap salat di rumah,” pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *