Wabup Saiful Arifin Berharap Lomban Dan Larung Sesaji Dapat Memberi Kemanfaatan Bagi Nelayan

oleh -15 views

Seputarmuria.com, PATI – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dalam kesempatannya menghadiri serta menyaksikan Lomban Kupatan dan Larung Sesaji yang bertempat di Sungai Tayu, Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Kamis (13/6/2019).

Adapun kirab dalam kegiatan tersebut yaitu mempersembahkan kepala kerbau, kambing dan ayam putih mulus ke muara laut utara. Kepala Desa Sambiroto Sulistiono mengatakan, kegiatan ini telah ada sejak tahun 1950-an silam.

“Yang memulai adalah Wedono, salah satu nelayan di desa setempat. Wedono awalnya menyembelih kerbau saat Lebaran Ketupat. Kemudian, kepala dan kaki kerbau dilarungkan ke muara laut sebagai wujud syukur atas kekayaan laut”, ujarnya saat dikonfirmasi.

Filosofi tradisi ini yaitu, sebagai bentuk rasa syukur. Juga sebagai simbol inti dari kehidupan manusia. Dengan melarung kepala kerbau itu ke laut, berarti sama dengan membersihkan kehidupan manusia.

“kemudian warga mempertahankan tradisi ini hingga sekarang. Sedangkan larung sesaji ini adalah lambang menyatunya alam semesta dengan manusia”, paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyampaikan bahwa tradisi seperti ini adalah kegiatan yang baik dilakukan di masyarakat. Terlebih jika masyarakat dapat mempertahankannya hingga sekarang.

“Selain sebagai tradisi bisa turun temurun yang telah dipertahankan, semoga kegiatan ini juga bisa menggerakkan roda perekonomian khususnya bagi masyarakat di Desa Sambiroto”, harapnya.

Wabup Safin juga berharap bahwa dengan dilaksanakannya tradisi seperti ini, semoga juga dapat membantu kehidupan para nelayan, yaitu hasil tangkapan ikannya banyak dan melimpah ruah.

“Dengan mempertahankan larung sesaji ini, semoga dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat di Kecamatan Tayu”, pungkasnya.

Dalam kirab larung sesaji tersebut, Wabup Safin yang ikut juga menghimbau agar para peng – kirab tetap menjaga tata krama dan etika ketika melewati penduduk desa yang menyaksikannya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *