Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Kompetensi Dasar Hidrokarbon dengan Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas X Mipa 5 SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2017 / 2018

oleh -8 views

Oleh : Arif Budiono
Email: arifbudiono10@yahoo.co.id.

Selama ini metode pengajaran kimia di sekolah cenderung hanya berjalan satu arah, guru lebih banyak aktif memberikan informasi kepada siswa. Dalam proses pembelajaran khususnya pada kompetensi dasar “4.2. Menggolonglan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa”, sub pembelajaran tentang tata nama dan isomer dari Alkana, Alkena dan Alkuna, disini guru lebih banyak melakukan pengajaran dengan menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya bertindak sebagai agen pembelajar yang pasif.

Tantangan bagi seorang guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Penggunaan berbagai macam model pembelajaran yang merangsang minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sudah mulai banyak dilakukan di sekolah-sekolah negeri maupun swasta. Salah satu model pembelajaran yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode Student Teams Achivement Division (STAD).

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kimia kompetensi dasar hidrokarbon (Tata nama dan Isomer dari Alkana, Alkena dan Alkuna) pada siswa kelas X.MIPA-5 di SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2017/2018.

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 3 Pati diketahui prestasi belajar Kimia kompetensi dasar Hidrokarbon tentang Tata nama dan Isomer Alkana, Alkena, dan Alkuna kelas X. MIPA5 tergolong rendah. Pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kompetensi dasar Hidrokarbon tentang Tata nama dan Isomer Alkana, Alkena, dan Alkuna. Metode pengambilan data adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi.

Berdasarkan uji tahap akhir nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat, nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata postest kelas kontrol dan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan diatas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran STAD lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kompetensi dasar Hidrokarbon tentang Tata nama dan Isomer Alkana, Alkena, dan Alkuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *