Unik, Pilkades di Sandangmulyo Sarang ini Siapkan Door Prize Buat Warganya yang Aktif Nyoblos

oleh -314 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Tak harus saling lirik, saling sikut memang. Sebab hajatan pemilihan kepala desa 6 tahun sekali secara serantak di tahun 2019 ini itu harus digelar dengan hati senang, riang. Khususnya bagi masyarakat pedesaan.

Hal itu dilakukan oleh kedua calon kepala Desa Sendangmulyo, Kecamatan Sarang demi menghindari perpecahan antar masyarakat yang berbeda pilihan.

Ya, desa yang terbagi menjadi 3 wilayah itu masyarakatnya yang sudah mempunyai hak pilih dan mencoblos diberikan kupon untuk undian door prize. Mengingat di desa yang mempunyai hak pilih sekitaran 3 ribu itu diklaim tak ada praktik money politic atau yang biasa disebut poltik uang.

Salah satu panitia door prize Badruzzaman mengatakan sistemnya itu diundi berdasarkan zona atau wilayah. Sebab wilayah ini terbagai 3 wilayah. Yakni Kesambi, Krajan atau Sendangmulyo Tengah , dan Peren.

“Untuk pengundian itu dikocok oleh panitia. Kupon dibagikan kepada masyarakat itu sebelum pencoblosan dan untuk pengundiannya itu saat usai penghitungan suara,”katanya saat diwawancarai wartawan, Rabu (6/11/2019) siang di balai desa tempat pencoblosan pilkades. 

Dari pengamatan di lokasi, belasan sepeda dan alat rumah tangga sudah menunggu pemenang door prize. Sehingga nantinya masyarakat akan bisa memantau aktivitas pilkades sembari menunggu pengundian hadiah.

“Mesin Cuci 6 Unit Televisi 6 Unit Sepeda Gunung 6 unit, sepeda keranjang 6 unit, kompor gas 15 unit kipas angin 15 unit,”rincinya.

Sementara itu, salah satu calon kepala desa yang bernama Muhammad Rofii mengutarakan pengadaan door prize ini sudah disepakati antara kedua calon. Suaya nantinya bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

“Tujuannya yakni menarik animo masyarakat untuk bisa mencoblos di pilkades. Sebab di Sendangmulyo ini tak ada money politic. Inisiatif kita (kedua calon) yakni nantinya hadiah door prize ini merupakan betul betul hadiah bagi masyarakat yang beruntung mendapatkannya sesuai nomor kuponnya. Hadiah ini jika ditotal ada sekitaran Rp. 50 an juta,” kata dia menambahkan. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *