UMK Kabupaten Pati Naik 149 Ribu, Ini Tanggapan Bupati

oleh -385 views

Seputarmuria.com, PATI – Rabu (20/11/2019), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menetapkan dan mengumumkan besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020.

Untuk diketahui, adapun besaran UMK Kabupaten Pati yang ditetapkan ialah Rp. 1.891.000. Artinya, UMK Pati mengalami peningkatan sebesar Rp 149 ribu dari UMK 2019 yang sebesar Rp 1.742.000.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pati Haryanto menyampaikan, tidak ada masalah dalam penetapan tersebut. Sebab, peningkatan jumlahnya sesuai dengan usulan Dewan Pengupahan Kabupaten Pati yang ia tandatangani.

“Ini merupakan hasil kesepakatan, dan sudah sesuai dengan kemampuan daerah. Setiap tahunnya nanti kan, juga ditingkatkan sesuai regulasi pengupahan yang ada,” ujar Haryanto ketika ditemui usai membagikan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Balai Desa Lengkong, Kecamatan Batangan, Kamis (21/11/2019).

Haryanto menyebut, peningkatan UMK ini tidak akan mempengaruhi iklim investasi di Kabupaten Pati. Terlebih, jika dibandingkan beberapa kabupaten tetangga, seperti Jepara dan Kudus, UMK Pati masih tergolong rendah.

“Bila dibandingkan Rembang, kita di atas sedikit. Tapi saya kira ini tidak akan mempengaruhi (iklim investasi). Kenaikannya masih wajar. Tidak akan membebani investor,” tambahnya.

Menurut Haryanto, besaran kenaikan UMK Pati telah mengakomodasi kepentingan rakyat (pekerja) maupun pengusaha (investor). (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *