Tips Aman Berkendara Pasca Liburan Panjang

oleh -305 views

Seputarmuria.com, SEMARANG – Bulan Januari adalah bulan yang penuh dengan aktivitas setelah liburan panjang akhir tahun. Banyak orang mulai sibuk bekerja dan bersekolah kembali. Sayangnya, aktivitas yang meningkat ini seringkali diikuti oleh menurunnya kesadaran atau daya fokus akan keselamatan selama berkendara.

Yang mulanya santai, kini harus berkejar – kejaran dengan waktu dan harus kembali menyesuaikan keadaan diri dengan situasi jalanan yang padat aktivitasnya.

Hal – hal berikut ini bisa menjadi tips agar selalu aman bagi bikers untuk memulai aktivitas berkendaranya pasca liburan panjang, yaitu:

1. Tetap mengecek kendaraan kita sebelum beraktivitas.

Setelah digunakan untuk liburan atau hanya sekedar ditinggal begitu saja usai liburan panjang, ada baiknya bikers melakukan pengecekan seluruh bagian kembali sebagai langkah persiapan meningkatnya aktivitas agar saat berkendara motor dalam kondisi yang prima.

2. Tetap waspada dan hati – hati dalam berkendara.

Seiring dengan meningkatnya kembali aktivitas jalanan seusai liburan, volume kendaraan tentu kembali memadat sehingga diperlukan fokus dan kewaspadaan di jalan selama berkendara demi menjaga keselamatan diri dan juga pengendara lain di sekitarnya.

3. Cermati cuaca dan potensi alam yang mungkin terjadi.

Curah hujan yang meningkat di bulan Januari hingga Februari akan menyebabkan jalanan licin, bahkan di beberapa tempat, terdapat juga jalanan berlubang yang tergenang air, sedangkan aktivitas berkendara tetap padat sesuai dengan jam – jam pergi dan pulang sekolah/kerja. Pastikan bikers memiliki cadangan jas hujan dimotor dan sebaiknya tidak terburu – buru di jalanan yang licin serta menyusuri jalanan yang sudah sering dilewati agar benar – benar tau medan jalanan yang dilalui (menghindari lubang, dst). Pastikan mengikuti perkembangan berita untuk daerah – daerah yang rawan menggenang, banjir, longsor, atau hujan angin yang berpotensi terjadi pohon tumbang.

4. Hindari penggunaan ponsel secara aktif saat berkendara.

Liburan menyebabkan aktivitas penggunaan ponsel meningkat sehingga perlu dibatasi agar tidak menggunakannya saat berkendara karena menyebabkan gangguan konsentrasi dan kemampuan memahami sekitar.

5. Pastikan kelengkapan surat berkendara.

Aktifitas liburan membuat penyimpanan surat mungkin bisa berubah karena pindah dompet atau tas saat liburan, pastikan bikers mengecek kembali kelengkapannya dan pastikan masa perpanjangan SIM, STNK dan pajak kendaraan masih berjalan.

6. Jangan berkendara saat badan dalam kondisi tidak fit.

Bila badan dalam kondisi yang tidak fit, sebaiknya jangan dipaksakan untuk beraktivitas atau berkendara. Selain itu bila minum obat, pastikan juga obat tidak menimbulkan rasa kantuk karena berkendara dalam kondisi mengantuk berpotensi fatal bila kehilangan fokus.

“Coba ikuti tips yang diberikan untuk meningkatkan kewaspadaan yang pastinya berdampak besar untuk menambah faktor keselamatan, tidak sulit untuk menerapkannya agar resolusi tahun 2024 mudah dan lancar dalam mencapainya,” ucap Oke Desiyanto Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *