Tiga Fungsi Pokok Masjid

oleh -245 views

Seputarmuria.com, PATI – Menjelaskan riwayat singkat pembangunan masjid, Ketua Takmir Masjid Baiturrohim Imam Zarkasi mengatakan, masjid ini kali pertama diresmikan pada 1984 oleh Saoedji, bupati yang menjabat ketika itu.

“Seiring berjalannya waktu, selain sudah tidak cukup menampung jamaah jumat, masjid ini bangunannya makin tua dan ketinggalan zaman. Sehingga, Kepala desa ketika itu, Hajar Ruswanto membentuk panitia pembangunan masjid Baiturrohim,” ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati saat memberi sambutan di acara peresmian masjid Baiturrohim di Desa Payang, Kamis malam (19/9/2019).

Mulanya, lanjut Imam, anggaran pembangunan masjid ialah Rp 1 miliar. Kemudian, setelah berkembang, bisa mencapai Rp 2 miliar lebih.

“Ini karena Bapak-Ibu senang shadaqah. Orang sini, setelah panen nyah-nyoh (dermawan),” ucapnya.

Kemudian, pada proses finishing, Pemkab Pati melalui Bupati Haryanto membantu Rp 20 juta. Peruntukannya ialah pembuatan papan nama, pengecatan, dan pembuatan septic tank.

Terkait kegiatan memakmurkan masjid, Imam mengatakan, Takmir Masjid Baiturrohim tidak melupakan tiga pokok fungsi masjid, yakni zikir, pikir, dan sosial.

Mengenai zikir, lanjutnya, tidak hanya untuk ibadah mahdhoh, melainkan juga kegiatan lain seperti musyawarah, pembelajaran, dan pengajian.

“Untuk kegiatan sosial, alhamdulillah, hasil dari zakat fitrah setiap tahun tidak kurang dari 3 ton. Infak dan shodaqoh bisa mencapai 60 juta untuk dibagikan ke fakir-miskin,” ucapnya.

Selaku Ketua Baznas Pati, Imam berharap pengurus Baznas bisa segera menerbitkan SK Baznas untuk Masjid Baiturrohim. Hal ini supaya pengelolaan infak dan shodaqoh tercatat oleh negara. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *