Terasah Jadi Designer Sejak Kecil

oleh -141 views

Hani saat menciptakan design – design bajunya

Seputarmuria.com, PATI – Terkadang, bakat dan ketrampilan seseorang terlihat sejak orang tersebut masih dalam usia anak – anak. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari potensi yang ada dalam dirinya dan cenderung mengabaikannya.

Seperti hal nya perempuan bernama Haniatur Rosyidah, yang saat ini sedang menekuni ketrampilannya menjadi seorang designer. Ketrampilannya ini mulai berkembang ketika ia berani menciptakan brand sendiri H|R The Label sekitar 2 tahun yang lalu (2017). Lebih tepatnya saat tepatnya ia masih kuliah semester 6.

“Ketrampilan ini dapat berkembang, juga ketika muncul keberanian saya untuk mulai menerima pesanan baju (custom) dari mahasiswa lain dan teman – teman dekat saya”, ungkap perempuan lulusan UNY Jurusan S1 Pendidikan Teknik Busana.

Perempuan yang kerap disapa Hani ini mengaku bahwa menjadi designer merupakan mimpinya sejak kecil. Bahkan saat kelas 2 SD, ia sudah bisa menggambar orang pakai baju. Kelas 4 sudah bisa drapping baju di boneka, kelas 6 sudah bisa menjahit. Sejak dulu memang terlihat bahwa Hani kecil ini unggul dalam mata pelajaran seni. Saat teman temannya mengatakan bahwa cita citanya menjadi guru, polisi, dokter, Hani kecil mengatakan bahwa dia ingin menjadi designer.

Sejak mengerjakan skripsi sambil kuliah, Hani terus menekuni usaha sewa gaun dan juga custom gaun.


Sampai akhirnya ia lulus kuliah dibulan Mei 2018. Mulai saat itu, ia pun memberanikan diri untuk fokus membangun bisnis pre order gaun pesta muslimah.

Hani mengaku, semakin ia bisa menjahit, ia makin suka membuat baju. Dan baju pesta muslimah inilah yang menjadi spesialist dirinya. Kemudian, ia mulai membuat gaunnya sendiri yang ia beli dari kain kiloan karena harga kainnya yang murah jika dibandingkan dengan meteran ditoko.

“Terkait produk yang telah dihasilkan, saya tidak bisa hitung secara spesifik. Tapi setiap bulannya saya dan team selalu mengeluarkan koleksi baru. Yang sudah kita hasilkan sekitar 40 jenis produk dengan berbagai warna pilihan. Dan penjualannya perbulan minimal 120 pcs”, jelasnya.

Menurut Hani, menjadi designer bukanlah hal yang kebetulan. Namun, hal ini sudah dipersiapkan oleh ia dan orang tua saya. Makannya ketika lulus SMA banyak teman ingin ambil akutansi, biologi, matematika, ekonomi, Hani hanya diam, sebab ia merasa minder.

“Saya adalah satu satunya murid SMA yang mengambil jurusan pendidikan teknik busana. Tapi saya tidak pernah menyesali pilihan saya karena saya tau saya memilih yang terbaik untuk diri saya”, ujarnya.

Selama berkiprah, H|R The Label berkarya menghasilkan produk gaun pesta muslimah dengan kategori yaitu, Pre order, Private order maupun Sewa.

” lama waktu pengerjaan, untuk pre order minimal 7 days, tapi kita juga ada bikin ready stock tapi jumlahnya terbatas. Bisa kilat dengan tambahan biaya. Sedangkan untuk custom atau private order pengerjaanya lebih lama”, pungkasnya.

Untuk konsumen, karena penjualannya online konsumen dari seluruh Indonesia. Target marketpun disegala usia karena Hani bersama tim melayani mulai dari pembuatan baju anak, busana pria, sampai orang dewasa. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *