Sosiologi dan Teori

oleh -3,211 views

Oleh : Kiswanto, Guru Sosiologi SMA IT Bina Amal

Sosiologi mungkin bagi sebagian orang merupakan istilah asing. Cabang ilmu sosial ini merupakan termasuk yang termuda. Ia muncul sejak pemikiran pencerahan yang tak lama hadir setelah Revolusi Perancis. Sosiologi disebut juga sebagai ilmu masyarakat yang positivistik.

Saat ini, Studi Sosiologi sangat penting bagi kita sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat. Mengapa? Sosiologi mempelajari berbagai hubungan yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat. Agar hubungan itu berjalan dengan baik, tertib, lancar, dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan, maka dalam hidup bermasyarakat tersebut manusia menciptakan berbagai norma, nilai, dan tradisi sebagai pengatur sekaligus pedoman bagi anggota masyarakat dalam bersikap dan bertingkah laku.


Namun demikian tidak jarang muncul perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, sehingga melahirkan perilaku menyimpang dan konflik di antara anggota masyarakat. Kondisi tersebut dipengaruhi beberapa faktor, antara lain manusia merupakan makhluk yang dinamis. Manusia dengan akalnya berfikir kreatif untuk menghadapi masalah yang ada.

Uraian yang telah kita bahas di atas menunjukkan bahwa sosiologi pada dasarnya berbicara mengenai kita serta masyarakat di mana kita hidup dan melakukan interaksi. Manfaat apa yang dapat kamu petik dan rasakan dengan mempelajari sosiologi? Dengan mempelajari sosiologi, kita akan dapat melihat dengan lebih jelas siapa diri kita, baik sebagai pribadi maupun (dan terutama) sebagai anggota kelompok atau masyarakat. Sosiologi membantu kita untuk mampu mengkaji tempat kita dalam masyarakat, serta dapat melihat dunia atau budaya lain yang belum kita ketahui sebelumnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *