SMKN 1 Pati Bawa Pulang Penghargaan Prasidatama

oleh -612 views

Seputarmuria.com, PATI – Kepala Sekolah SMKN 1 Pati Wijanarko berkesempatan menerima penghargaan kebahasaan dan kesastraan Prasidatama kategori SMK peringkat 1 Provinsi Jawa Tengah, oleh Balai Bahasa Jawa Tengah Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud, Rabu (20/11/2019).

Penghargaan tersebut didapatkan usai SMKN 1 Pati terpilih menjadi salah satu sekolah dari beberapa SMK yang juga mengikuti ajang tersebut. Penghargaan yang didapat tersebut diberikan kepada SMKN 1 Pati sebagai sekolah yang menerapkan Bahasa Indonesia terbaik se – Jawa Tengah.

“Penghargaan tersebut (red, Prasidatama), terbagi menjadi dua kategori yaitu untuk penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta kategori karya sastra berupa cerpen dan esai. Nah, dari sekolah kita terpilih untuk mengikuti kategori penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar”, ungkap Wijanarko saat ditemui, Kamis (21/11/2019).

Wijanarko menyebut bahwa pihak SMKN 1 Pati mendapat surat pemberitahuan untuk mengikuti ajang tersebut pada bulan Mei 2019 lalu. Setelah mendapat pemberitahuan tersebut, proses penilaian pun mulai berjalan.

“Yaitu mulai dari foto papan nama lembaga, tulisan nama sarana umum, tulisan nama ruang pertemuan, tulisan nama barang produk dan jasa, tulisan nama jabatan, tulisan penunjuk arah atau rambu, tulisan spanduk atau alat informasi lain serta dokumen naskah dinas berupa surat – menyurat yang digunakan di sekolah ini “, paparnya.

Ia juga mengatakan bahwa, awalnya, pihak sekolah mengumpulkan portofolio yang kemudian di cek dan diverifikasi terlebih dahulu untuk proses seleksi. Setelah dinyatakan lolos, baru pihak sekolah mendapatkan pemberitahuan.

“Verifikasi atau penilaian yang dilakukan ke sekolah ini dilakukan secara diam – diam oleh tim penilai. Baru setelah kita masuk ke peringkat 3 teratas, kita mendapat pemberitahuan untuk mendapat penghargaan”, imbuhnya.

Wijanarko menegaskan, atas diraihnya penghargaan tersebut, ia bersama pihak sekolah secara tidak langsung turut menyukseskan program pemerintah yaitu mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto turut mengapresiasi penghargaan tersebut. Ia mengaku sangat mengapresiasi terhadap prestasi yang kombinatif selalu antara guru dan siswa di cabang dinas wilayah lll.

“Alhamdulillah tidak pernah sepi kejuaraan baik di lingkup regional maupun nasional. Bahkan Internasional. Dalam hal prestasi bahasa berarti sekolah ikut mengembangkan budaya literasi membaca, menulis dan bangga terhadap bahasa nasionalnya”, ucapnya.

Menurut Sunoto, hal semacam ini secara tidak langsung termasuk dalam pengembangan karakter para siswa di sekolah. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *