SMK Kesuma Margoyoso Bawa Pulang Juara 3 LKS TAB Tingkat Regional Jawa

oleh -1,197 views

Seputarmuria.com, PATI – Kabar gembira datang dark SMK Kesuma Margoyoso pasalnya belum lama ini, sekolah tersebut berhasil menyabet juara di tingkat regional jawa.

Untuk diketahui bahwa SMK Kesuma Margoyoso berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Teknik Alat Berat dan The Best Presentation Regional Jawa yang diadakan United Tractors tanggal 16 – 18 Desember 2019 di PT. United Tractors Cabang Semarang.

Kepala Sekolah SMK Margoyoso Susanto mengatakan bahwa juara tersebut diraih setelah mengikuti 3 job dalam lomba tersebut. Yaitu pertama best presentation / presentasi menggunakan Bahasa Inggris, best practice / praktik ketrampilan serta best knowledge / penampilan praktik dalam lomba tersebut.

“Alhamdulillah untuk SMK Kesuma, kita best presentasinya terbaik. Dan dari keseluruhan job tersebut, di total sehingga kita berhasil memperoleh juara 3”, ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (19/12/2019).

Ajang tersebut, lanjut Susanto, melingkupi seluruh regional jawa mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DIY, DKI dan Banten. Lomba ini memang baru digelar lantaran untuk Teknik Alat Berat, belum dijadikan lomba rutin oleh Kemendikbud. Jadi lomba tersebut ialah inisiasi dari perusahaan sendiri.

“Jadi yang mengikuti lomba ini adalah sekolah – sekolah yang menjadi binaan United Tractors. Sementara, tidak semua sekolah mempunyai jurusan Alat Berat. Begitupun di wilayah 3, hanya Pati yang baru mempunyai jurusan Teknik Alat Berat”, paparnya.

Terkait tingkat kesulitan yang dialami selama ini, Susanto menyebut bahwa faktor kesulitannya ialah pada media pembelajarannya yakni Eskavator PC 200. Yang mana sekolah belum mempunyai dan harganya pun sangat mahal.

“Namun demi kelancaran belajar, kita yang mengunjungi perusahaan alat – alat berat. Kita sebenarnya punya PC tapi yang kecil – kecil yakni 50 dan 75”, ucapnya.

Adapun siswa – siswa yang berhasil mengukir prestasi ini ialah Mochammad Choirul Faiz, Mohamad Kurniawan dan Muhammad Nur Faidzin yang kesemuanya kelas XII TAB.

“Harapannya adalah agenda alat berat ini tidak menjadi agenda yang terpisah dari Kemendikbud. Melainkan menyatu, jadi agenda rutin yang dapat terus dilaksanakan seperti halnya LKS – LKS yang lain. Intinya, teknik alat berat ini menjadi agenda LKS oleh Kemendikbud”, pungkasnya.

Sementara itu, Yanuar sebagai guru pembina Teknik Alat Berat mengungkapkan bahwa dalam mengikuti lomba tersebut, butuh setidaknya 2 bulan untuk mempersiapkan semuanya.

“Kita gembleng selama 2 bulan. Untuk presentasinya dengan guru Bahasa Inggris, sementara praktik dan lainnya dengan saya. Dan dari hasil keseluruhan alhamdulillah berhasil meraih juara 3”, ucapnya.

Ia mengatakan, dari total murid jurusan TAB SMK Kesuma Margoyoso tersebut, yang memang mumpuni ialah 3 siswa itu. Sehingga berhak untuk dikirim mengikuti lomba.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Sunoto mengatakan bahwa pihaknya selalu mendukung terkait hal – hal seperti itu.

“Tetap juga utamakan proses belajar mengajar (PBM), prestasi belajar dan kembangkan bakatnya”, ujarnya.
Selain itu, Sunoto juga menegaskan bahwa pembimbing sangat penting, untuk itu guru – guru harus lebih kreatif dan super jika ingin siswanya juara. (Er)

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *