SMA N 2 Pati Jadikan Foto Selfie sebagai Rutinitas

oleh -374 views

Seputarmuria.com, PATI – Apa jadinya bila foto dengan pose selfie menjadi rutinitas bahkan keharusan bagi siswa – siswi di sekolah? Tak perlu kaget, sebab hal tersebut dapat di lihat di SMA N 2 Pati.

Tidak hanya sebagai tempat untuk belajar, ruang kelas pun disulap berisi selfie corner. Hal tersebut disampaikan oleh Waka Kesiswaan SMA N 2 Pati Adi Prasetyarini saat ditemui di sela kesibukannya mengajar, Jumat (1/11/2019).

“Beberapa waktu lalu memang kepala sekolah menginstruksikan agar diadakan lomba membuat selfie corner atau pojok selfie di setiap ruang kelas di SMA N 2 Pati”, ujarnya.

Pojok selfie ini, lanjutnya, merupakan sebuah inovasi yang dilahirkan guna sebagai alat presensi setiap siswa. Jadi ketika siswa telah sampai di sekolah, dianjurkan untuk mengisi presensi / bukti kehadiran melalui sebuah aplikasi, kemudian mengirim foto selfie nya.

“Sebetulnya tidak hanya di pojok selfie saja, namun juga bisa di sudut manapun selagi mereka telah berada di dalam lingkungan sekolah”, imbuhnya.

Menurutnya, lomba membuat selfie corner sarana untuk meningkatkan kreatifitas siswa agar dapat ‘menghidupkan’ suasana di dalam kelas. Tak hanya untuk dilombakan dan dicari pemenangnya saja, namun juga untuk menunjang presensi dengan cara mengakses sebuah aplikasi yang kemudian digunakan untuk mengirim foto selfie.

“Dengan ini, pihak sekolah ingin orang tua dapat melihat bahwa foto selfie ini sebagai bukti kehadiran para siswa di sekolah dari jam berapa hingga jam berapa. Dan database nya, dikelola tim IT dari sekolah”, imbuhnya.

Harapan kedepan bahwa dengam presensi digital seperti itu, tak hanya untuk menyampaikan bukti kehadiran di sekolah saja, namun juga orang tua dapat mengetahui segala bentuk administrasi yang telah di lakukan siswanya mulai dari pembayaran SPI, SPP dan lain – lain.

“Selain berguna sebagai penunjang presensi, pojok selfie ini juga dalam rangka menggiatkan lomba kebersihan kelas. Juga bagaimana agar para siswa dapat menciptakan segala bentuk keindahan di ruang kelas”, pungkasnya.

Kepala Sekolah SMA N 2 Pati sekaligus inisiator pojok selfie, Budi Santosa mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat dan semangat anak – anak dalam berekspresi.

“Serta untuk menumbuhkan rasa ikut memiliki ruang kelas yang selama ini hanya digunakan untuk proses belajar mengajar saja”, ujarnya.

Selain itu, dengan adanya pojok selfi dikelas ini berfungsi untuk presensi online bagi para siswa. Anak berselfi disitu kemudian diupload. Dan ini baru pertama kali diimplementasikan di Kabupaten Pati.

“Persensi online itu juga lebih efektif jika dibandingkan dengan fingerprint. Dan menyenangkan lantaran para siswa bisa berselfie ria”, pungkasnya.

Salah satu siswa SMA N 2 Pati, A’ang Dwi Fahrezi kelas XI IPS 1 mengatakan presensi online ini salah satu pendongkrak semangat berangkat ke sekolah, sekaligus menjadi sesuatu yang mengasyikkan.

“Untuk persensi online ini cukup mudah, yaitu, para siswa bisa mendapatkan aplikasi dengan mendownload melalui gadgetnya yaitu aplikasi Mobile Exam Pro. Kemudian pilih menu selfie dan siswa bisa mengirimkan foto selfinya sebagai presensi”, ucapnya.

A’ang juga mengungkap, tak perlu mengeluarkan kocek banyak untuk bisa membuat pojok selfie di kelasnya. Yaitu cukup dengan memanfaatkan koran – koran bekas yang ada ditambah pernak – pernik yang murah meriah. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *