Siswa SMPN 3 Sukses Raih Juara dalam World Invention Creativity Olympic

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Masih di tengah pandemi Covid – 19, prestasi tetap mampu ditunjukkan oleh para siswa SMP Negeri 3 Pati.

Anti rayap dari limbah kulit randu dan tembakau berhasil membawa mereka meraih juara di ajang bergengsi World Invention Creativity Olympic (WICO).

Tim dari SMP N 3 Pati itu diketahui bernama Fernandito Akbar K, Fatih Adianta Hutomo, Meitri Ayuisyari, Fiqy Trisa Insani, dan Brenda Dwi Artika.

Dalam ajang tersebut, projek sains yang mereka tunjukkan berjudul “The Utilization of Tobacco Leaves and Kapok Shell Ash For Producing anti Termite Biopesticide as the Friendly Environmental Wood Protector” atau biopestisida anti rayap tanah dari filtrat tembakau dan ekstrak limbah kulit randu untuk melindungi kayu pada bangunan dari serangan rayap tanah.

Ketua projek sains Fernandito Akbar mengatakan, karya itu berhasil usai melakukan eksperimen selama tujuh bulan terakhir ini. Meskipun dalam proses penelitian terdapat kendala pada alat yang memang masih minim.

“Kami terinspirasi melihat banyaknya limbah kulit randu yang tak terpakai di Desa Karaban, Kecamatan Gabus. Bila biasanya kulit randu hanya dibuang begitu saja ternyata ini bisa menjadi bernilai manfaat dan ekonomis yang baik jika diolah menjadi anti rayap. Kandungan alkaloid sangat baik untuk melindungi kayu,”tambahnya.

Sementara, Kepala SMP N 3 Pati Rukayah mengaku bangga atas keberhasilan para peserta didik dan guru pembimbingnya. Meski baru pertama kali tampil mereka berhasil meraih juara setelah menyisihkan ratusan peserta dari 24 negara. Terlebih, negara peserta banyak yang dari Amerika, Jepang maupun Singapore.

“Kami menjadi satu-satunya tingkat SMP yang ikut sementara rivalnya banyak juga dari tingkat SMA dan perguruan tinggi,”imbuhnya.

Menambahkan, koordinator guru pembimbing Mohamad Rauf mengatakan, temuan biopestisida anti rayap itu dikatakannya ramah lingkungan lantaran dibuat tanpa bahan kimia apapun.

“Semua bahannya dari tumbuh-tumbuhan jadinya tidak membahayakan bagi kesehatan,” pungkasnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *