Siapkan Wakil di Level Jawa Tengah, PBVSI Pati Gelar Kejuaraan Bola Voli Bupati Cup

oleh -610 views

Seputarmuria.com, PATI – Sebanyak 30 tim yang terdiri atas 24 tim putra dan 6 tim putri mengikuti Kejuaraan Bola Voli Bupati Cup 2019 di GOR Pesantenan Pati. Tim-tim ini berasal dari berbagai klub voli di Kabupaten Pati.

Kejuaraan ini dilangsungkan selama tiga hari, mulai 24 hingga 26 Desember 2019.

Ketua Panitia Kejuaraan, Wisnu Setyo Nugroho, mengatakan, kejuaraan yang merupakan kegiaran rutin tahunan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) ini bertujuan mencari atlet berprestasi.

“Ini juga merupakan event berjenjang. Jadi, pemenang Bupati Cup akan mewakili Kabupaten Pati di level Jawa Tengah,” ucap Sekretaris Umum PBVSI Kabupaten Pati ini, Rabu (25/12/2019).

Wisnu mengatakan, kejuaraan ini menerapkan sistem perlombaan setengah kompetisi.

“Karena kasihan kalau sekali main, kalah, lalu pulang. Tujuan kita, kan, pembinaan,” tegasnya.

Ia mengaku, untuk sementara ini, klub-klub voli yang ikut bertanding belum diperkenankan menggunakan pemain dari luar Pati.

Namun, rencananya mulai 2020, seiring adanya perubahan Juklak Pengprov PBSI, pemain dari luar Pati akan diperbolehkan ikut bertanding.

“Terpenting, masih dari wilayah Jateng. (Pemain dari luar Pati) boleh ikut karena sistemnya antarklub. Tapi syaratnya harus anggota klub, tidak boleh hanya diambil untuk satu turnamen ini. Misalnya ada pemain Rembang yang bagus, kemudian direkrut klub untuk ikut kejuaraan ini. Kalau seperti itu, kan, bukan pembinaan namanya,” ucapnya.

Wisnu menyebut, kejuaraan diawali dengan sistem pool/grup. Setelahnya, dari kelompok putra diambil satu tim per pool. Adapun dari kelompok putri diambil dua tim dari setiap pool.

“Kemudian mereka dipertandingkan dengan sistem gugur untuk mendapat juara 1, juara 2, dan juara 3 bersama,” urainya.

Untuk total hadiah yang disiapkan panitia untuk para pemenang ialah Rp 23 juta. Juara 1 akan mendapat Rp 5 juta, juara 2 Rp 3,5 juta, dan juara 3 bersama Rp 1,5 juta. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *