Seni Budaya sebagai Media Bangun Karakter Anak

oleh -337 views

Seputarmuria.com, PATI – Bertempat di Pusat Kuliner Pati, diselenggarakan Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang juga dihadiri oleh Direktur Seni dan Budaya Kemendikbud RI, Restu Gunawan, Selasa (19/11/2019).

Ia menyampaikan bahwa kegiatan GSMS tersebut, diinisiasi oleh Kemendikbud RI ini bertujuan untuk membangun karakter anak – anak melalui dengan kesenian. Karena dalam membangun karakter, diajarkan tentang rasa percaya diri, toleransi dan seterusnya.

“Sedangkan untuk teman – teman para seniman, agar mereka dapat terlibat langsung dalam dunia pendidikan. Sebab banyak dari para seniman yang sulit masuk dalam pendidikan. Jadi dalam ekstrakurikuler, mereka dapat menularkan ilmunya serta mendidik anak – anak kita”, ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Restu, anak – anak dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang didapat dalam acara pementasan GSMS tersebut.

“Untuk yang di Kabupaten Pati ini, sambutan dan respon dari pemerintahannya sungguh luar biasa. Mudah – mudahan, ini dapat ditiru oleh daerah – daerah lain. Bahkan juga dikapitalisasi oleh Pemkab Pati”, imbuhnya.

Terkait adanya kesulitan dalam menyelenggarakan GSMS di daerah – daerah, Restu menepis hal tersebut. Ia meyakini bahwa selama ini belum ada kesulitan yang berarti lantaran kegiatan ini telah menjadi komitmen yang dibangun dari 1.344 seniman yang terlibat. Disamping itu, pemerintah daerah sudah melakukan pemetaan, manakah sekolah – sekolah dan seniman yang mau ikut.

“Meskipun belum ada kesulitan, kita tetap terus melakukan evaluasi – evaluasi agar kedepan jauh lebih maksimal dan optimal. Dan anak – anak dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini”, tegasnya.

Untuk mengatasi seni yang hampir punah di daerah, kita ada program revitalisasi. Hal tersebut haruslah dikerjakan bersama – sama oleh pihak – pihak terkait. Dan daerah – daerah perlu melakukan pemetaan agar mengetahui berbagai faktor penyebab hampir punahnya seni dan budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *