Seminar Parenting, Ustad Wijayanto Beberkan Luar Biasanya Dampak Gadget

oleh -375 views

Bupati Pati Haryanto bersama Kepala Dinsos Pati saat mengikuti seminar parenting oleh Ustad Wijayanto

Seputarmuria.com, PATI – Dalam kesempatannya, Bupati Pati Haryanto menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli kemarin. Puncak acara tersebut ialah Seminar Parenting yang dibawakan oleh ustad kondang yaitu Ustad Wijayanto.

Bertempat di Gedung Korpri, seminar parenting ini dihadiri oleh sebanyak lebih dari 250 peserta akan hadir dalam seminar parenting tersebut yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati beserta jajarannya, para orang tua, para OPD, Gugus KLA serta unsur terkait lainnya.

Dengan mengambil tema Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak, Ustad Wijayanto menyampaikan beberapa aspek penting yang harus dipahami oleh orang tua kepada anaknya, yaitu fungsi keluarga.

“Dalam keluarga, harus ada nilai agama dan budaya. Sebab agama saja tanpa budaya tidak dapat diterapkan. Sedangkan budaya tanpa agama akan sesat. Nilai agama itu ialah menghormati orang, namun menghormati orang harus sesuai dengan budaya. Contohnya, di Jawa orang tua menasihati anaknya, anaknya menunduk. Di Sumatra orang tua menasihati anaknya, anak harus menatap wajah orang tua”, jelasnya.

Kemudian, memberikan dukungan yang efektif berupa hubungan kehangatan, mengasihi dan dikasihi, memperdulikan dan dipedulikan, serta memberikan pemahaman saling menghargai. Ustad Wijayanto juga menyampaikan betapa pengaruh gaway / gadget sangat luar biasa terhadap kehidupan anak.

“Anak lebih taat pada orang tua atau handphone? Anak dipanggil orang tua sampai lima kali tidak menghampiri, namun sekali hp berbunyi anak langsung lari. Maka kalau anak meminta uang, jangan dikasih sebab anak lebih taat pada handphone dari pada orang tua”, paparnya.

Dalam seminar parenting tersebut, juga diselingi oleh penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba mewarnai gambar untuk anak, lomba fashion show ibu dan anak serta lomba rebana.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto yang hadir juga dalam seminar parenting tersebut mengatakan bahwa, dengan adanya peringatan HAN yang dikemas melalui seminar parenting ini, semoga dapat terjaga hubungan yang harmonis antara suami, istri juga anak.

“Semua ini, agar selalu terjaga keharmonisan dalam keluarga. Juga untuk menghindari kekerasan pada anak”, ujarnya.

Menurut Bupati, penghargaan Kota Layak Anak yang telah beberapa kali didapat oleh Kabupaten Pati menunjukkan bahwa Pemkab sangat konsen dalam memberikan perlindungan anak dan hak-hak anak di Kabupaten Pati.

“Fasilitas-fasilitas publik akan terus kita penuh I dan kita tingkatkan seperti Alun-Alun juga, apabila sudah selesai pembangunanya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan anak-anak ataupun masyarakat umum, karena memang kita bangun Alun-Alun tersebut tujuannya adalah untuk fasilitas publik”, jelas Haryanto. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *