Selama 3 Hari, SD IT Abu Bakar Kembangkan Karakter Anak Melalui BBK

oleh

Seputarmuria.com, PATI – SD IT Abu Bakar Ash Shidiq menggelar kegiatan Bakti Bersama Keluarga (BBK) secara daring mengingat situasi pandemi Covid-19 Angkatan Lima Belas (ALIMAS).

Grand design dari BBK adalah belajar berbakti yang di mulai dari bagian terinti yaitu keluarga. Dari interaksi dan bekerjasama dengan lingkup terdekat keluarga itulah ada nilai-nilai positif dan pengajaran yang bisa diambil.

Guru sekaligus seksi acara BBK, Nashrul Fuadi menyampaikan, kegiatan ini senada dengan visi SD IT Abu Bakar Ash Shidiq untuk menghadirkan satu generasi berkarakter pemimpin yang takwa, cerdas, terampil dan berprestasi.

“Dengan adanya kegiatan BBK ini, diharapkan siswa-siswi SD IT Abu Bakar Ash Shidiq mampu memiliki empati, jiwa sosial tinggi, kemandirian, mencintai lingkungan serta mampu menghadirkan sikap kepemimpinan yang lebih baik”, ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, ketika nanti menghadapi ujian kelulusan, mereka lebih siap untuk lulus dengan akhlak dan nilai yang istimewa.

Dalam BBK ini, diikuti peserta dari siswa – siswi kelas 6 yang terbagi menjadi 10 kelompok. Tiap kelompok melaksanakan aktivitas dan program di rumah salah satu wali murid sejak tanggal 13 – 15 September 2021. Jadi terdapat 10 rumah wali murid yang secara sukarela dimanfaatkan untuk kegiatan BBK.

“Jadi kegiatan mereka mulai pagi hari ibadah dilanjut aktivitas religi yang lain, kemudian bersih – bersih, belanja, memasak, mencuci dan seterusnya. Harapannya setelah dilaksanakan BBK ini, anak – anak menjadi lebih mandiri dan berpengalaman baik secara invidu maupun berkelompok”, pungkasnya.

Pihaknya pun menyebut, BBK ini dilaksanakan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa secara langsung, sehingga dapat melatih rasa empati, meningkatkan kecerdasan emosional dan meningkatkan kemandirian siswa pada masa pandemi.

Salah satu wali murid yakni, Sevitayana ibu dari Syahla sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan BBK ini. Ia menilai segala kegiatan yang di programkan selama 3 hari dapat membantu menumbuhkan kemandirian anak.

“Jadi lebih meningkat ibadahnya, hormat kepada orang tua, guru jadi sangat mendukung dan senang dengan kegiatan semacam ini. Saya lihat dapat membantu mengembangkan karakter anak khususnya anak saya. Jadi lebih rajin, seperti beres – beres setelah bangun tidur dan membantu menyiapkan sarapan”, jelasnya.

Senada, wali murid Sari Ariyani mengungkapkan bahwa selama ini anaknya memang tergolong rajin baik di rumah maupun sekolah. Hanya saja dengan program kegiatan yang telah terjadwal tersebut lebih membantu pengembangan karakter anak.

“Pada intinya melalui kegiatan ini, dapat membantu anak untuk menjadi lebih termotivasi dalam mengerjakan hal – hal yang semestinya memang harus segera dikerjakan”, sebutnya.

Salah satu siswa peserta BBK, Callista Fatiha mengatakan bahwa ia merasa sangat senang dapat berkumpul selama 3 hari bersama teman – temannya. Terlebih ini juga sebagai sarana refreshing karena tidak adanya sekolah tatap muka lebih dari 1,5 tahun.

“Asyik dan seneng banget bisa kumpul dan bermain sama teman. Belajar, bermain, bersih – bersih, memasak dan masih banyak lagi pokoknya”, jelasnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi dirinya maupun kelompok. Sebab, tidak hanya belajar dan beribadah saja, melainkan juga dilatih agar menjadi anak yang mandiri dan lebih rajin. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *