Sedekah Bumi Telah Menyatu Dalam Masyarakat

oleh -434 views

Seputarmuria.com, PATI – Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin), hari ini menghadiri Gebyar Sedekah Bumi dan Peringatan HUT RI ke-74 Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa di Lapangan Desa Pagerharjo.

Turut hadir dalam acara itu, Camat Wedarijaksa dan Karangtaruna Kecamatan Wedarijaksa.

Adapun rangkaian acara gebyar sedekah bumi dan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh karang taruna ini dimulai dengan kegiatan jalan santai, sepeda santai, parade senam, lomba memasak, merangkai bunga dan pentas seni.

“Sedekah bumi merupakan wujud syukur manusia terhadap Tuhan YME yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi”, ujar Wabup.

Safin juga menegaskan bahwa tradisi sedekah bumi mempunyai makna yang lebih dari sekedar upacara tradisional.

“Sedekah bumi sudah menjadi salah satu bagian yang menyatu dengan masyarakat serta tidak dapat dipisahkan dari budaya Jawa”, imbuhnya.

Sementara itu, Eksan Sunaryo selaku ketua panitia yang juga ketua karang taruna Kecamatan Wedarijaksa mengatakan bahwa kegiatan sedekah bumi dan HUT RI Ke-74 kali ini dimeriahkan dengan acara jalan santai, sepeda santai, parade senam, lomba memasak, merangkai bunga dan pentas seni.

“Setelah itu dilanjutkan ada donor darah. Lalu ada parade senam tingkat RW yang nanti akan diberi uang pembinaan dan dilanjutkan sorenya ada kegiatan lomba memasak tingkat RT yang bahan dasarnya adalah singkong”, imbuhnya.

Ada pula lomba merangkai bunga dari barang bekas. “Harapannya desa Pagerharjo juga mengupayakan bank sampah tetapi untuk saat ini belum dibuat secara ruang ataupun gedungnya tetapi upaya-upaya untuk meraih itu sudah diupayakan”, lanjutnya.

Untuk malam hari, panitia akan ada pentas seni yang diisi oleh lembaga pendidikan wilayah desa termasuk juga wilayah RT-RW. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *