Salat Idul Adha di Masjid Agung Baitunnur Pati Diikuti Ribuan Jemaah dengan Protokol Kesehatan

oleh -133 views

Seputarmuria.com, PATI – Meski masih pandemi, Ribuan orang tetap mengikuti salat Idul Adha di Masjid Agung Baitunnur Pati, Jumat (31/7/2020).

Diperkirakan ada sekira seribu orang yang berjemaah salat Idul Adha di masjid. Namun, demi menerapkan jarak aman, hanya 500 orang yang berada di dalam area masjid. Selebihnya mengikuti salat dari luar halaman masjid.

“Alhamdulillah kami diberi izin oleh Gugus Tugas Covid-19 untuk menggelar salat Iduladha. Secara teknis, kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Ahmad Yunus, Ketua Panitia Pelaksanaan Idul Adha Masjid Agung Baitunnur.

Prosedur operasional yang diterapkan dalam penyelenggaraan salat Idul Adha ini sama dengan penyelenggaraan salat jumat.

Di antaranya, jemaah diminta membawa sajadah sendiri dan memakai masker dengan benar. Selain itu, setiap orang yang datang dicek suhu tubuhnya dan diarahkan untuk cuci tangan. Kemudian, jemaah juga diberi kantong plastik untuk membawa alas kaki.

“Kemudian, salat dimulai pada awal waktu, tidak perlu menunggu jemaah. Khotbah dilakukan singkat, hanya sekira 15 menit. Sehingga, seluruh rangkaian salat Idul Adha sudah tuntas pada pukul 07.10 WIB,” papar Yunus.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana penyembelihan dan pendistribusian dilakukan sendiri oleh panitia di masjid. Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging, lanjut dia, pihaknya menyerahkannya pada rumah jagal Arum Desa Blaru.

“Tahun ini ada empat sapi, termasuk di dalamnya satu dari Pak Bupati dan satu dari Pak Wakil Bupati. Kalau kambing ada lima. Semuanya disembelih di rumah jagal. Pendistribusiannya pun langsung dari rumah jagal, diantarkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas dia.

Yunus menyebut prosedur tersebut harus pihaknya terapkan secara ketat, mengingat Masjid Agung Baitunnur merupakan percontohan bagi masjid-masjid lain.

“Sehingga kami tidak bisa gegabah dalam penyelenggaraan Idul Adha di tengah pandemi corona ini. Saya berharap, seluruh jemaah diberi keselamatan dan kesehatan, terhindar dari Covid-19,” harap dia. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *