Ribuan Peserta Ikuti Tes PPPK Kabupaten Pati, Seluruh Peserta Tertib Patuhi Tahapan

oleh -183 views

Seputarmuria.com, SURAKARTA – Ribuan peserta telah mengikuti tes PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Tahun 2023 di Gedung dr. Prakosa Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, 21 – 22 November 2023.

Tercatat sebanyak 1400 peserta mengikuti tes dan 10 diantaranya tidak hadir dalam pelaksanaan tes tersebut. Pantauan di lokasi tes PPPK tahun 2023, para peserta terlebih dahulu melakukan registrasi nomor ujian, kemudian mengikuti body checking.

Setelah proses tersebut selesai, peserta mendapatkan arahan dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati selaku panitia. Selanjutnya, peserta baru diizinkan untuk memasuki ruang tes.

Kepala BKPP Kabupaten Pati Muh. Saiful Ikmal menyebut, berdasarkan PMK Nomor 212/PMK.07/2022, bahwa Pemerintah Kabupaten Pati hanya mendapat formasi PPPK JF Guru, PPPK JF Tenaga Kesehatan, dan tidak ada PPPK JF Teknis.

Pihaknya menegaskan, berdasarkan tugas dan kewenangan seleksi kompetensi menggunakan CAT menjadi tanggungjawab PANSELNAS, sehingga tidak tepat jika tuntutan itu ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Pati selaku PANSELDA.

“Seleksi pengadaan ASN secara nasional telah dilakukan selama beberapa periode dan dilaksanakan secara kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, dan tidak dipungut biaya”, ungkapnya.

Semantara, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro yang berkesempatan meninjau pelaksanaan tes tersebut secara langsung mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan proses lanjutan dari aturan yang telah dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI terkait rekrutmen PPPK di seluruh Indonesia.

Henggar dalam arahannya menyampaikan, bahwa kehadirannya di lokasi ujian dalam rangka untuk memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta yang akan mengikuti tes PPPK Tahun 2023.

“Saya berharap agar seluruh peserta tes untuk memfokuskan diri pada tes, sehingga hasil yang akan diperoleh sesuai dengan yang diharapkan, yaitu masuk passing grade,” tuturnya.

Ia juga berharap agar pemerintah pusat dapat menambah kuota PPPK untuk Kabupaten Pati, mengingat jumlah peserta yang mengikuti tes sangat banyak.

Turut mendampingi Pj Bupati Pati dalam peninjauan tersebut, Sekda Kabupaten Pati, Kepala BKPP, Kepala BPKAD, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Disdikbud serta rekanan dari UNS. (Er)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *