Rembang Resmi Berstatus Daerah Tertib Ukur

oleh -259 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Selain mendapatkan penghargaan enam Kabupaten dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik, Kabupaten Rembang Jum’at (20/12/2019) ini juga ditetapkan sebagai Kabupaten Tertib Ukur oleh Menteri Perdagangan. Penyerahan penghargaan diberikan di Bandung.

Kepala Dinperindagkop dan UKM Kabupaten Rembang Akhsanudin menjelaskan penetapan daerah tertib artinya seluruh pasar, SPBU yang ada dan lainnya sudah memenuhi kaidah metrologi.

Akhsanudin menuturkan akhir tahun 2018 lalu enam pasar di Rembang resmi menyandang pasar tertib ukur, keenam pasar tersebut yakni pasar Sulang, pasar magersari, pasar Babagan, pasar Jolotundo, pasar Gandrirojo dan pasar Sedan.

Sebelumnya telah ada enam pasar yang juga menyandang status serupa. Diantaranya  tahun 2015 pasar Kragan, tahun 2016 pasar Pamotan, pasar Lasem, dan pasar Rembang, Pasar Sarang dan Pasar Pandangan di tahun 2017.

Atas status pasar tertib ukur yang disandang 12 pasar di Rembang, mengantarkan Kabupaten Rembang menjadi Daerah Tertib Ukur (DTU) tahun ini.

“Ini artinya dijamin semua alat- alat ukur sudah standart semua. Semua pasar yang dikelola Pemkab Rembang ini sudah menyandang pasar tertib ukur, ini kita kejar setiap tahun, dari situ akhirnya Bupati diberi penghargaan daerahnya sebagai daerah tertib ukur, ” terangnya.

Status tersebut tentunya memberikan rasa aman bagi konsumen di Rembang. Karena timbangan para pedagang sudah tertib tidak ada kecurangan.

Setelah berstatus Daerah Tertib Ukur, pihaknya akan terus mengawalnya. Ada satu tim yang akan dikirim pelatihan ke Bandung , nantinya mereka bertugas mengawasi , ketertiban timbangan di semua pasar yang dikelola Pemkab. Jika masyarakat mengetahui praktek kecurangan timbangan oleh pedagang, diminta untuk melaporkan ke Dinperindagkop dan UKM.

Hanya 13 Kabupaten / Kota se Indonesia yang ditetapkan sebagai daerah tertib ukur. Diantaranya Kabupaten Rembang, Kota Samarinda, Kota Pariaman, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Tangerang, Kota Serdang Bedagai, Kota Kendari, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Buru Selatan. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *