Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Berjalan Beberapa Hari, Upaya Perbaiki Data yang Anomali

oleh -182 views

Seputarmuria.com, PATI – KPU Kabupaten Pati mulai Selasa (20/2/2024) melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan hasil penghitungan suara di TPS.

Adapun penghitungan suara dimulai dari surat suara presiden dan wakil presiden, dilanjutkan DPD, DPR RI, DRPD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Rencananya, rekapitulasi tingkat kecamatan ini rampung beberapa hari ke depan.

KPU Kabupaten Pati memberi batas waktu pelaksanakan rekapitulasi selama lima hari, sampai 24 Februari 2024.

Komisioner KPU Kabupaten Pati Hanggraheni Yuliadhistanti dalam kesempatannya menyampaikan bahwa rekapitulasi ditingkat kecamatan ini juga sebagai perbaikan maupun pembaruan hasil dari penghitungan suara ditingkat desa.

“Jadi data hasil penghitungan suara di TPS itu di C.Hasil/Plano itu disandingkan dengan sirekap dan C.Hasil Salinan. Kalau terjadi selisih penghitungan kita harus benahi, karena yang kemarin itu di aplikasi Sirekap banyak data-data anomali,” ungkapnya.

Pada rekapitulasi tersebut, foto C.Hasil/Plano di TPS yang terkonversi menjadi angka, terdapat data yang kurang sinkron. Dan seolah terjadi penggelembungan. Ia menegaskan bahwa rekapitulasi ditingkat kecamatan ini menjadi kunci perbaikan dan hasil penghitungan surat suara di TPS.

“Jadi dibacanya kemarin, teknologinya itu kan kami foto, lalu tertampil angkanya. Ternyata ada yang misalkan belakangnya 8, depannya sss. Sss-nya tertulis 888”, jelasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *