Ratusan ASN Pemkab Rembang Dilantik Jadi Pejabat Fungsional dan Struktural

oleh -360 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Sebanyak 165 ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Rembang dilantik menjadi pejabat fungsional dan 3 diantaranya dilantik menjadi pejabat struktural. Pengambilan sumpah janji dilaksanakan di aula lantai 4 Kantor, Jumat (4/10).

Dari data yang ada, ke 162 pegawai fungsional yang dilantik meliputi, 4 orang Kepala Sekolah, 151 orang Bidan, 2 orang Adminkes, 4 orang Guru, dan 1 orang instruktur.

Sementara 3 Pejabat Struktural yang dilantik yakni Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang Sidi Teguh Wibowo menjadi Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rembang menggantikan Joko Purwanto.

Sedangkan Joko Purwanto mengisi kekosongan pada jabatan Sekretaris Dinas Perhubungan. Sementara untuk Kabag Kesra diisi oleh Mohammad Sofyan yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Bidang Pengembangan Dan Keselamatan pada Dinas Perhubungan.

Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya mengatakan, Jabatan fungsional merupakan jabatan yang berisi fungsi dan tugas pelayanan fungsional dan memiliki karateristik tertentu. 

“Ketika Aparatur Sipil Negara (ASN) memantapkan diri untuk berkarier di jabatan fungsional, berarti seorang ASN telah siap untuk menjadi ASN yang profesional pada bidang masing-masing,”katanya.

Peningkatan sebagai pejabat fungsional harus diimbangi dengan usaha dan kerja keras agar kedepan bisa mendapat kenaikan pangkat melalui angka kredit yang diperoleh. 

Kenaikan pangkat ASN yang menduduki jabatan fungsional tertentu dapat dinaikkan pangkatnya setiap kali setingkat lebih tinggi apabila sekurang-kurangnya telah 2 tahun dalam pangkat terakhir dan telah memenuhi angka kredit yang ditentukan serta setiap unsur penilaian prestasi kerja/DP-3 sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir.

“Khususnya untuk para bidan yang telah diambil sumpah dan janjinya ini, agar kedepannya dapat meningkatkan pelayanannya terhadap ibu hamil yang ada di Kabupaten Rembang. Mengingat angka kematian bayi saat dilahirkan di Kabupaten Rembang masih tergolong cukup tinggi,”pesan dia.

“Kalau dulu semangatnya jadi ASN sekarang semangatnya naik pangkat, supaya naik pangkat harus kerja keras. Ibu-ibu ini diberi kesempatan untuk memberikan angka kredit. Angka kematian bayi saat dilahirkan dan kematian ibu saat melahirkan saat ini agak tinggi, oleh sebab itu saya meminta Kepala Dinas Kesehatan untuk menekan angka tersebut agar bisa turun dari tahun ke tahun. Ini menjadi perhatian khusus pemerintah, oleh karena itu saya minta ibu-ibu bidan untuk bersemangat dalam bekerja, ” Kata Hafidz.

Mengakhiri sambutan Bupati mengucapkan selamat kepada para ASN atas dilantiknya sebagai pejabat fungsional dan pejabat struktural. Orang nomor satu di Rembang itu berharap, kepada pejabat yang baru dilantik agar menjalankan amanah, mempunyai kompetensi, kinerja, produktivitas yang tinggi, berintegritas dan selalu berinovasi serta mengedepankan kualitas pelayanan publik. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *