Rapimkab, Kadin Pati Optimis Dapat Majukan Pati Bumi Mina Tani

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pati melaksanakan Rapat Pimpinan Kabupaten (Rapimkab) secara virtual di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (16/9/2020). Hadir dalam acara ini Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin.

Rapimkab yang dipimpin Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) ini juga menghadirkan secara virtual Kukrit Suryo Wicaksono selaku Ketua Umum Kadin Jateng. Kemudian di akhir acara Bupati Haryanto juga menyempatkan hadir dalam acara tersebut.

“Kondisi pandemi yang paling terdampak adalah pengusaha yang omsetnya menurun. Tetapi ada pula yang masih berjalan bahkan masih cenderung bagus adalah di sektor pangan. Pemerintah daerah sangat mensupport dan saya harap pengurus Kadin ini saling bersilaturrahmi kepada semua anggota”, harapnya.

Wakil Bupati juga mendukung dan mensupport wirausahawan muda yang memulai usaha. Menurutnya, tidak mesti usaha itu dimulai dari yang besar, sebab dari kecil juga bisa.

“Dan memulai usaha itu bisa dengan kreativitas yang bagus, dan penghitungan modal yang jelas. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penerapan protokol kesehatan di manapun berada termasuk penerapan di perusahaan-perusahaan”, imbuhnya.

Ia pun mengajak para anggota untuk tetap semangat dan sering menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah.

Sementara, Bupati Pati mengatakan, rapimkab ini memang diperlukan agar Kadin Pati tetap berjalan serta tidak lepas dari Pemerintah Kabupaten. Sampai saat ini kontribusi yang telah dilakukan ialah membantu UMKM melalui alokasi APBD.

“Dan ini merupakan salah satu langkah yang cukup bagus, ada pertemuan – pertemuan, rapat pimpinan untuk koordinasi. Semoga dengan Kadin yang diisi oleh kalangan muda dan telah berkecimpung di bidangnya, dapat mengedukasi dan memotivasi para pengusaha muda lainnya yang ada di Kabupaten Pati”, jelasnya.

Selain itu, lanjut Bupati, perlunya anggota Kadin untuk ‘ngangsu kawruh’ kepada Wakil Bupati Pati Saiful Arifin yang memiliki latar belakang seorang pengusaha. Yaitu seorang pengusaha yang memulai karirnya dari bawah.

Bupati berharap dengan kemunculan Kadin yang telah cukup lama tenggelam, mampu mendukung penuh keberadaan para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pati maupun mewadahi para pengusaha yang ada.

Sementara itu, secara virtual, Ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Surya Wicaksono juga menyampaikan bahwa pandemi adalah saat yang tepat untuk merapatkan barisan dan menjadi bagian dari solusi.

Pemerintah Kabupaten, menurut Kukrit tidak mungkin bisa jalan sendiri, Pemkab akan bersinergi semaksimal mungkin dengan semua pihak termasuk Kadin. “Tujuannya tentu supaya bisa memberikan solusi-solusi yang terbaik untuk dunia usaha”, ujarnya.

“Kalau kondisi susah yang merasakan bukan hanya kita, namun seluruh dunia merasakan. Sehingga yang ada di lapangan mustinya adalah program-program Kadin yang berkualitas, berinovasi tinggi, dan unik. Dan ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi Kadin se-Jawa Tengah agar kita bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)”, lanjutnya.

Sementara, Ketua Kadin Pati, Didik Supriyanto mengatakan bahwa dalam rapimkab ini, pihaknya akan membentuk struktur organisasi baru sesuai saran oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, yang mana bisa memajukan Kabupaten Pati.

“Nanti kita mulai susun struktur yang baru, dengan teman – teman pengusaha yang baru lalu kita sinergikan agar Pati menjadi lebih baik dan jauh lebih maju. Seperti apa kondisi Kabupaten Pati akan selalu kita support”, tegasnya.

Selain itu, pihaknya akan berupaya menyerap dan menggunakan sebaik – baiknya permodalan yang diberikan oleh Kadin Provinsi Jateng.

“Hal itu akan kita sosialisasikan kepada teman – teman UMKM binaan Kadin. Dalam rapimkab ini memang kita fokus pada pemberdayaan UMKM”, ucapnya.

Pihaknya optimis mampu menggenjot agar pada kondisi pandemi seperti saat ini lebih dapat meningkatkan kinerja para pelaku usaha. Hal ini agar tidak ada pengurangan tenaga kerja dan seterusnya.

“Agar tidak terjadi PHK, dengan kita mendorong UMKM, dapat lebih maju terlebih apabila dibantu permodalan oleh Pemkab Pati juga Kadin Provinsi Jateng. Hal ini agar teman – teman pelaku usaha dapat sejahtera”, pungkasnya.

Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk profil perusahaan, personal blog, toko online, dan UKM. Solusi Digital adalah partner terbaik untuk bisnis Anda dalam menghadapi Era Digital. Jasa pembuatan aplikasi pun tersedia untuk Anda yang ingin membuat solusi bisnis berbasis aplikasi web maupun mobile. Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *