Rapid Tes Acak di Pasar Puri Baru, 2 Pedagang Dinyatakan Reaktif

oleh -1.940 views

Seputarmuria.com, PATI – Pemkab Pati hari ini, Selasa (2/6/2020) mengadakan rapid tes untuk ratusan pedagang di Pasar Puri Baru Pati.

Saat dikonfirmasi, Bupati Pati Haryanto menyebut bahwa rapid tes tersebut diikuti sebanyak 139 pedagang yang mengikuti. Hasilnya, dua orang dinyatakan reaktif dan 137 lainnya nonreaktif.

“Dua orang yang hasilnya reaktif kami isolasi di Hotel Safin. Namun, perlu diperhatikan bahwa reaktif rapid test belum tentu positif corona. Keduanya masih perlu dites swab,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati ini.

Sementara, ketika diwawancarai, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati Riyoso mengatakan, rapid test ini bersifat acak dan dilakukan khusus bagi pedagang.

“Mengapa pedagang, karena setiap hari mereka bertemu banyak orang. Berdasarkan hasil rapid test ini, nanti kami evaluasi. Kami akan konsolidasi dengan Gugus Tugas untuk menentukan langkah selanjutnya,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, pada hari Rabu (3/6/2020), rapid test acak juga akan dilaksanakan untuk sekira 100 pedagang di Pasar Juwana.

Salah satu pedagang di Pasar Puri Baru, Sujoko, mendukung penuh langkah Pemkab Pati mengadakan rapid test bagi para pedagang pasar.

“Saya sangat setuju dan mendukung. Ini demi mencegah persebaran corona,” tutur dia.

Sujoko menyebut, selama ini, di kalangan pedagang memang ada rasa was-was terkait persebaran virus corona. Namun demikian, mengikuti arahan Pemkab Pati, pedagang melakukan antisipasi dengan menjaga jarak, menjaga kebersihan, cuci tangan, dan selalu memakai masker.

“Semoga Pasar Puri aman, Indonesia aman, dunia aman, bebas dari Covid-19,” pungkas dia. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *