Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati Sebagai Referensi Kedepan

oleh -395 views

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto ditemani oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda, Forkopimda, OPD dan jajarannya, melaksanakan ziarah ke makam Adipati Tombronegoro, Selasa (6/8/2019).

Acara yang diawali dengan doa bersama kemudian dilanjut dengan tabur bunga tersebut, berlangsung dengan sangat khusyuk. Mulai dari Bupati Pati sampai dengan OPD, menabur bunga penuh rasa khitmad.

“Kegiatan ini memang tidak biasa, sebab ziarah ini memang termasuk dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati”, ujarnya.

Haryanto menyebut bahwa, ziarah ini tidak mengal waktu yaitu bisa dilaksanakan pagi, siang malam. Namun, lantaran di tanggal 7 Agustus bertepatan dengan kirab boyongan dari Pendopo Kemiri menuju Pendopo Kabupaten Pati, sehingga ziarah dilakukan malam ini sebelum digelar rapat paripurna istimewa DPRD.

“Ziarah ini bermakna untuk menghormati para pendahulu yang ada dan kala itu telah berjasa memimpin pemerintahan di Kabupaten Pati”, imbuhnya.

Bupati mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini memang tergolong inovasi. Sebab, di setiap periode, mendapat kesempatan satu kali untuk menggelar peringatan hari jadi ini secara spektakuler. Periode pertama dilaksanakan, dan di periode kedua disempurnakan.

“Tidak hanya sekedar kirab boyongan saja, namun juga menghibur masyarakat sekitar. Sebab, tak hanya dari dalam daerah, namun peringatan ini, juga mendatangkan kesenian dan budaya dari daerah lain yang tujuannya tak lain ialah untuk menyatukan budaya”, paparnya.

Ia meyakinkan, meski peringatan kali ini tergolong berbeda dengan peringatan yang sebelumnya, namun pada dasarnya, tidak menghilangkan inti dari proses peringatan hari jadi tersebut.

“Peringatan Hari Jadi ini juga sebagai referensi bagi bupati – bupati selanjutnya yang akan memimpin Kabupaten Pati apabila momen yang sekarang dirasa baik”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *