Puluhan Elemen Masyarakat di Rembang dan Blora “Kecipratan” Hewan Kurban

oleh -45 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Sebanyak 28 elemen masyarakat yang berada di Rembang dan Blora diberikan bantuan hewan kurban saat hari raya Idul Adha tahun 2020.

Dalam penyerahannya, PT Semen Gresik memberikan sebanyak 73 hewan kurban berupa 9 sapi dan 64 kambing.

Bantuan itu merupakan bagian progam kepedulian sosial perusahaan persemenan terkemuka ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ke 28 elemen masyarakat yang mendapatkan hewan kurban itu mulai dari kalangan pondok pesantren, ormas keagamaan, pengurus masjid agung, institusi kepolisian dan TNI, pemerintah desa hingga komunitas adat sedulur sikep.

Kepala Unit Komunikasi dan Bina Lingkungan PT Semen Gresik Dharma Sunyata mengatakan kegiatan penyerahan hewan kurban ini merupakan salah satu wujud nyata semangat peduli dan berbagi PT Semen Gresik di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Sesuai anjuran pemerintah maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI), maka teknis penyerahan hewan kurban tahun ini dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

Untuk menghindari kerumunan massa, hewan kurban diserahkan pada perwakilan penerima. Selanjutnya, setelah disembelih daging kurban akan dibagikan kepada ribuan warga yang berhak menerimanya.

“Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan kerukunan, mempererat tali persaudaraan dan menguatkan hubungan harmonis antara perusahaan dengan berbagai elemen masyarakat baik wilayah Rembang maupun Blora,” kata Dharma Sunyata, Jumat (31/7/2020).

Tiap tahun, Semen Gresik selalu menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat. Tahun ini, anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp 499 juta.

Salah satu penerima hewan kurban PT Semen Gresik adalah komunitas adat sedulur sikep yang ada di Klopoduwur, Banjarejo, Kabupaten Blora.

Sesepuh sedulur sikep, Mbah Lasiyo mengapresiasi upaya yang dilakukan Semen Gresik. Tahun ini merupakan pertama kali komunitas adat yang dikenal teguh mempedomani nilai-nilai luhur seperti kejujuran, gotong royong dan lainnya ini menerima hewan kurban dari Semen Gresik.

Rencananya, daging hewan kurban dari dua ekor kambing itu akan dibagikan kepada warga sedulur sikep pada momen khusus sesuai tradisi yang telah berjalan turun temurun.

“Maturnuwun. Semoga ini membawa kemanfaatan untuk semua,” tandas Mbah Lasiyo. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *