Progres 70%, Alun – Alun Timur Diproyeksikan Siap Tampung 300 – an PKL

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto beserta Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Pati dan jajarannya meninjau progres pembangunan Alun-Alun Timur, Rabu (29/9/2021).

Alun-alun baru ini berada di Jalan Kembang Joyo, dekat Taman Kota Kalidoro.. Sampai akhir bulan September, pembangunan alun-alun ini telah mencapai 70 persen.

Adapun proses pembangunan ditargetkan rampung pada pertengahan November 2021.

Bupati menyebut, pemerintah daerah sengaja membangun alun-alun ini untuk memfasilitasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dulu berjualan di area Alun-Alun Simpang Lima Pati.

Setelah Alun-Alun Simpang Lima Pati direvitalisasi, mereka kemudian direlokasi ke Pusat Kuliner Pati, bekas TPK Perhutani.

“Nantinya mereka akan diberi tempat di alun-alun baru yang lokasinya dinilai lebih strategis ini. Selain itu pembangunan ini juga untuk memperindah kota,” ujar dia.

Haryanto menegaskan, di Alun-Alun Timur ini, pihaknya menyediakan 300-an tempat untuk berjualan. Diprioritaskan bagi para PKL yang sudah tercatat dan terverifikasi pada saat relokasi sebelumnya.

“Tempat yang ada ini nanti saya harap bisa dimanfaatkan dengan baik. Pemerintah daerah sudah mengupayakan yang terbaik. Sekalipun (pos anggaran lain) banyak yang direfocusing, kami tetap membangunkan tempat bagi PKL dengan anggaran miliaran,” tutur dia.

Haryanto berharap, para PKL nanti bisa melanjutkan upaya agar dagangan mereka laris.

“Mengenai laris atau tidak itu tergantung bagaimana pelayanan, kualitas masakannya, dan bagaimana upaya menarik pelanggan. Jangan nanti menyalahkan pemerintah lagi kalau tidak laku,” ucap dia.

Ia juga menegaskan, lapak berjualan di Alun-Alun Timur tidak untuk diperjualbelikan. Pemerintah daerah sudah mengantongi nama-nama PKL yang akan menempati tiap lapak. Mengenai teknis pembagian lapak, akan dirapatkan kemudian, setelah pembangunan rampung.

“Jika nantinya ketahuan ada yang jualan di sini, kemudian lapaknya dijual untuk ditempati orang lain, sudah tentu ada sanksi. Akan diambil alih oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Meski November ini ditargetkan rampung, namun Haryanto belum bisa berjanji tempat ini langsung bisa dipakai berjualan.

“Kami belum bisa menjanjikan. Karena perlu dipastikan dulu semua fasilitas pendukung sudah siap atau belum,” pungkasnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *