Program Revitalisasi Taman Baca Bina Karakter Ceria oleh Tim KKN Pancasona

oleh -505 views

Seputarmuria.com, PATI – Program unggulan Tim KKN Pancasona Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) di Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak ialah merevitalisasi Taman Baca Bina Karakter Ceria.

Taman baca tersebut berada di Dusun Gili Kidul, Desa Sirahan.

Satu di antara mahasiswa KKN, Mohammad Imron Nafi’, mengatakan, sebelum direvitalisasi, taman baca yang didirikan oleh seorang warga bernama Dian Mariana Ulfa tersebut sempat mati, sangat jarang dikunjungi.

“Maka, mahasiswa KKN berinisiatif menghidupkannya kembali. Kami merenovasi tempat, menata rak buku, memberi sampul dan label, dan mencoba ‘menyelamatkan’ beberapa buku yang dimakan rayap. Kami juga berusaha menambah koleksi buku dengan mengajukan proposal ke beberapa instansi dan perusahaan,” ujar lelaki yang akrab disapa Aim ini, Rabu (28/8/2019).

Untuk meramaikan taman baca tersebut, lanjut Aim, pihaknya juga berencana bekerjasama dengan SD setempat.

“Kebetulan taman bacanya terletak di belakang SD. Anak-anak SD akan kami sarankan minimal datang dua kali dalam seminggu,” tuturnya.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari upaya menghidupkan kembali Taman Baca Bina Karakter Ceria, mahasiswa KKN IPMAFA juga berinisiatif mengadakan semacam acara “peresmian ulang” dengan mengundang beberapa pihak.

Acara peresmian ulang yang dilaksanakan Selasa (27/8/2019) ini antara lain dihadiri Kepala Desa Sirahan M Sutiyono, Kasi Trantib Kecamatan Cluwak Paidi, dan Kasi Layanan dan Deposit Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati Erning Widiastuti.

Sebelum direvitalisasi dan diresmikan ulang, Taman Baca Bina Karakter Ceria telah diresmikan oleh Kepala Desa dan Karang Taruna setempat pada 8 Juli 2018.

Pendiri Taman Baca Bina Karakter Ceria Dian Mariana Ulfa mengatakan, niatnya mendirikan taman baca ialah menyediakan fasilitas bagi warga Sirahan dan sekitarnya untuk belajar, bermain, dan membaca secara gratis.

“Seperti namanya, Taman Baca Bina Karakter Ceria ini dibuat untuk membantu membina karakter anak-anak agar lebih ceria dengan belajar dan bermain bersama teman-temannya di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sirahan M Sutiyono mengatakan, keberadaan taman baca ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap gemar membaca di kalangan generasi muda.

“Membaca dapat menambah wawasan, pengetahuan, sekaligus meningkatkan kualitas SDM masyarakat pada umumnya. Sehingga, gemar membaca perlu diawali dari anak-anak PAUD yang masih tumbuh dan berkembang”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *