Program Normalisasi Sungai Juwana Harus Tuntas

oleh -466 views

Wakil Bupati Saiful Arifin saat mengawali rapat persiapan normalisasi sungai Juwana di ruang Joyokusumo, Kamis (18/7/2019). Foto : Dok. Humas Pemkab Pati

Seputarmuria.com, PATI – Terkait betapa pentingnya program normalisasi sungai Juwana, Wakil Bupati Saiful Arifin meminta BBWS untuk menyampaikan kepada pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Saiful Arifin saat mengawali rapat persiapan normalisasi sungai Juwana yang bertempat di ruang Joyokusumo, Kamis (18/7/2019).

Di kesempatan tersebut, dihadiri oleh Sekda, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana, Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, PPP Bajomulyo, Muspika Juwana, TNI AL, Polair, Syahbandar, serta Kepala Desa Bajomulyo, Bendar, Trimulyo, dan Pajeksan.

“Ini merupakan kebutuhan bagi semua pihak, khususnya masyarakat Pati. Saya berharap program normalisasi Sungai Juwana tidak hanya ini saja. Saya justru tidak mau kalau kali ini dinormalisasi misalnya tahun depan tidak banjir program ini dianggap selesai oleh pemerintah pusat”, ujarnya.

Ia pun berharap program yang akan membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 1,5 trilun ini bisa direalisasikan secara tuntas karena program ini sebenarnya untuk mengatasi masalah banjir dan kekeringan 20 – 30 tahun mendatang.

“Untuk tahap ini normalisasi dari jembatan lama sampai ke muara targetnya tahun ini selesai, dan untuk tahun depannya normalisasi anak sungai (hilir) wajib hukumnya. Karena memang permasalahan yang ditimbulkan sebenarnya bukan hanya banjir saja melainkan juga kekeringan yang diakibatkan sedimentasi anak sungai”, terang Safin.

Menambahkan pernyataan Wabup Safin, Sekda Pati Suharyono mengatakan bahwa anggaran Rp 32 Milyar dari Pemerintah Pusat akan digunakan untuk normalisasi Sungai Juwana mulai dari jembatan lama sampai ke muara.

“Apabila nanti masih ada sisa volume pekerjaan (anggaran) baru digunakan untuk yang lain”, jelas Sekda.

Ia pun menginginan adanya dukungan dari semua pihak terutama para pemilik kapal.

“Tanpa ada kerja sama dan dukungan dari semua pihak, tentu pengerjaan proyek normalisasi Sungai Juwana tidak dapat berjalan dengan baik”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *