Produk UMKM di Pati Alami Peningkatan Signifikan

oleh -392 views

Seputarmuria.com, PATI – Dalam kesempatannya, Sekda Pati Suharyono bersama dengan sekumlah OPD, meninjau sejumlah stand UMKM dalam pagelaran Pati Expo yang bertempat di Stadion Joyo Kusumo Pati, Minggu (4/8/2019).

“Ini luar biasa ya. Untuk UMKM yang hadir dan berkontribusi disini, telah mengalami perkembangan maupun peningkatan yang signifikan”, ujar Sekda di sela – sela peninjauan stand – stand yang ada.

Ia menjelaskan, perkembangan yang dimaksud adalah mulai dari packagingnya, kualitas produk serta harga yang sangat terjangkau. Ini menunjukkan bahwa UMKM di Kabupaten Pati mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

“Contohnya adalah batik, yang dulunya harganya kisaran 150 ribu, sekarang harganya ada yang mencapai 700 ribu, tergantung macamnya. Dan ini bukti bahwa batik tidak hanya berkembang di lokal saja namun juga dalam skala nasional”, imbuhnya.

Selain itu, lanjut Suharyono, tak hanya batik saja yang kualitas maupun harga mampu bersaing dengan daerah lain, namun produk yang lain pun demikian. Ia pun mengaku sempat tertarik dan bahkan membeli beberapa produk kerajinan yang ada.

“Menarik sekali. Tadi bahkan kita sempat membeli produk kerajinan, dan luar biasanya produk – produk ini berasal dari bahan – bahan yang sebelumnya tidak terpakai menjadi produk yang bagus dan siapa pakai seperti tas dan kerajinan yang lain”, pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya Pati Expo 2019 dilaksanakan mulai tanggal 4-10 Agustus 2019, yang terbagi 4 (empat) kegiatan yaitu, Pati Tourism Expo oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata, Pameran/Bazar UMKM oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Festival Pangan Lokal oleh Dinas Ketahanan Pangan, serta pameran dari mitra / sponsorship.

“Tak hanya batik, kopi dan kerajinan saja, namun produk – produk lokal lain semoga dari waktu ke waktu semakin mengalami perkembangan”, harapnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *