Potensi Besar Singkong Yang Diluar Dugaan

oleh -409 views

Sejumlah peneliti LIPI sedang melakukan penelitian terhadap singkong

Seputarmuria.com, PATI – Belum lama ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah mengembangkan penelitian plastik berbahan baku singkong.

Dari penelitian tersebut, diharap dapat menjadi solusi permasalahan lingkungan khususnya terkait sampah plastik.

Salah satu peneliti dari LIPI, Akbar Hanif Dawam menjelaskan, ia bersama rekan timnya, sedang melakukan penelitian plastik berbahan ramah lingkungan tersebut. Tak hanya ramah lingkungan, Pengembangan bioplastik berbahan singkong tersebur juga dapat meningkatkan ekonomi petani singkong.

“Kesejahteraan petani singkong ini diharapkan lebih meningkat dengan pengembangan bioplastik yang berbahan dasar dari singkong,” terang Akbar Hanif Dawam.

Terlebih, Kabupaten Pati merupakan satu dari sekian daerah penghasil singkong terbesar di Indonesia. Potensi besar itu harus dimanfaatkan dari sisi lingkungan dan nilai ekonomi. Dari sisi lingkungan permasalahan sampah akan teratasi.

”Ya ini untuk membuat bioplastik kan bahannya alami. Sehingga ramah lingkungan. Produk bioplastik juga nantinya ramah lingkungan. Ini untuk menjawab tantangan permasalahan global terkait sampah yang mengancam kelangsungan lingkungan hidup bumi yang ditinggali manusia,” imbuhnya.

Saat ini masalah yang ditimbulkan akibat sampah plastik sudah menjadi perhatian dunia luas. Karena itu, penggunaan plastik harus dibatasi.

Terobosan baru dan inovasi diperlukan guna mengatasi masalah tersebut. Yaitu Berupa penggunaan bioplastik dari bahan alam. Seperti kulit singkong, yang sumbernya juga melimpah.

Lain halnya dengan plastik pada umumnya yang berbahan baku dari sumber daya alam fosil. Yang mana dapat habis dan tidak bisa diperbaharui. Berbeda dengan singkong yang terus ada selama petani menanamnya.

”tak hanya dapat terurai dengan menggunakan bioplastik, bahan baku untuk membuat bioplastik ini juga bisa didapatkan terus menerus. Karena memang bahan alam,” jelasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *