Pohon Lapuk Ancam Pengguna Jalan

oleh -766 views

Seputarmuria.com, PATI — Sebuah pohon randu setinggi 20 meter lebih lapuk lebih dari setahun lalu. Pohon tersebut tumbuh di tepi Jalan Raya Pati — Tayu Desa Payak Kecamatan Cluwak.

Dengan kondisi tersebut, warga khawatir jika sewaktu-waktu pohon lapuk tersebut ambruk dan menimpa pengguna jalan yang sedang melintas.

Terlebih, posisi pohon tersebut persis berada di jalanan yang menikung. Ahmad Masruri misalnya, salah seorang warga yang setiap melintas jalan tersebut, merasa khawatir. Selain pohonnya yang ambruk bisa saja ranting-ranting pohon tersebut juga ambruk, jika tidak segera ditangani.

”Awalnya pohon tersebut milik Laeman warga Dukuh Plaosan Desa Payak. Sudah dijual ke bakul kayu randu. Setelah dibeli dengan memberi DP dulu, si pembeli baru tahu kalau kayu tersebut berada dekat dengan kabel telpon,” kata Masruri.

Kemudian dia minta izin kalau ingin menebang kayu tersebut. Namun ada sesuatu hal. Buntutnya, si pembeli pohon tersebut lalu memilih untuk membiarkan pohon tersebut. Tidak menebangnya hingga sekarang.

”Karena sudah dibiarkan oleh si pembelinya, warga menjadi khawatir. Jika suatu saat nanti terjadi sesuatu hal. Misalnya ambruk kan berbahaya. Ranting-rantingnya juga sangat rawan patah. Dan kalau patah jatuhnya pasti ke badan jalan,” terangnya.

Masruri mengaku, sudah menghubungi berbagai pihak seperti kepala desa setempat, hingga Camat Cluwak. Namun hingga sekarang belum ada hasil apap pun. Keberadaan pohon yang lapuk di pinggir jalan tersebut juga sudah ramai menjadi perbincangan di media sosial. Warga berharap pohon tersebut segera diatasi yang berwenang.

”pertimbangan keselamatan umum saya kira memang harus diperhatikan. Sebab di jalan tersebut arus lau lintas ramai. Kalau ambruknya ke arah timur di sawah lumayan aman. Kalau ambruk di jalan kan repot,” pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *