Pj Bupati Pati Bantah Tuduhan Tekan ASN untuk Mendukung Ganjar – Mahfud

oleh -263 views

Seputarmuria.com, PATI – Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro membantah tuduhan bahwa dirinya mengarahkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud.

“Saya tidak pernah memanggil kepala dinas untuk mengarahkan pilihan pada Pemilu 2024. Sebab saya sendiri juga seorang ASN yang harus menjaga netralitas. Jadi tidak benar kalau ada yang bilang saya memanggil kepala dinas kemudian mengarahkan,” ungkapnya saat dikonfirmasi via pesan singkat, Selasa (14/11/2023).

Hal tersebut ia sampaikan sebagai jawaban atas tudingan oleh Koordinator Daerah (Korda) Relawan Nusantara (Relanu 08) Prabowo-Gibran, Itqonul Hakim, yang menyebut bahwa ada sejumlah Pj Bupati di Jawa Tengah yang mengarahkan ASN memilih Ganjar-Mahfud.

Menurut dia, hal itu terjadi di Pati, Kudus, dan Jepara. Bahkan, menurut Itqon, ada kepala dinas yang dipanggil ke ruangan Pj dan dipaksa memilih Ganjar-Mahfud dengan ancaman pencopotan jabatan.

Henggar menegaskan, pihaknya bahkan sudah membuat surat edaran nomor 800/4576 tentang Netralitas bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.

“Surat edaran terkait netralitas ini sudah kami bagikan ke OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Bahkan kami juga sudah publikasikan pose-pose foto yang dilarang bagi ASN,” tegas Henggar.

Sebagai informasi bahwa pada postingan di media sosial Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Pati, ASN memang dilarang untuk berfoto dengan pose yang mengisyaratkan dukungan terhadap paslon tertentu.

Disinggung terkait rencana untuk melaporkan secara hukum pihak yang menuduhnya, Henggar mengatakan tidak perlu.

“Tidak perlu (melapor). Kami fokus pelayanan pada masyarakat saja,” pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *