Pinggiran Namun Banyak Potensi

oleh -330 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Berbagai potensi yang banyak di Kabupaten Rembang perlu diberdayakan oleh masyarakat. Hal itu dapat menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Rembang.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan Kabupaten Rembang walaupun termasuk daerah pinggiran namun kaya akan potensi alam dan Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Potensi-potensi daerah di Rembang ini sangat luar biasa. Baik potensi alamnya maupun potensi SDMnya. Alam kita, laut kita sepanjang 65 meter nih cukup panjang. Kemudian tambang kita. Depositnya ini luar biasa ada 13 jenis tambang. Baik itu yang bentuk pasir, batu andesit, kalsit, tras ini luar biasa depositnya. Bahkan batu kalsit kita ini kualitasnya terbaik seAsia,” imbuhnya. 

Bupati mengungkapkan dengan banyaknya potensi tersebut, agar masyarakat jangan bertumpu pada komoditas pangan. Tetapi dari hasil pertanian dapat diolah menjadi komoditas-komoditas yang dapat menguntungkan masyarakat.

Untuk mengatasi itu, Pemerintah Kabupaten Rembang menurut Bupati telah mencoba tanaman tembakau. Sehingga dengan tanaman tembakau seluas 5 ribu hektar namun transaksinya antara 5 hingga 7 milyar rupiah per harinya dalam kurun waktu 3,5 bulan.

Selain itu, hasil tangkapan ikan di Rembang setiap hari antara 600 hingga 700 ton per hari. Sehingga jika 1 kilonya 8 ribu rupiah, akan mendapatkan hasil sebanyak 5,6 milyar setiap hari dari laut Rembang. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *