Perpustakaan Ini Ciptakan Produk Hasil Literasi

oleh -47 views

Seputarmuria.com, PATI – Puluhan pelajar dari jenjang SD dan SMP berbondong – bondong berkumpul, bergerumul memilah – milah berbagai macam buku. Mereka asyik membaca buku yang ada di stand baca, dalam acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten / Kota tahun 2019, Senin (18/3/2019).

Dalam safari tersebut, menampilkan beberapa perpustakaan yang ada di lingkungan kecamatan Pati, salah satunya adalah perpustakaan dari Desa Tambaharjo yakni Perpustakaan Wiralaksana.

Nur Wasis, sebagai pengelola perpustakaan mengatakan bahwa dirinya selaku perwakilan dari desa setempat, turut bangga atas diundangnya perpustakaan Wiralaksana dalam kegiatan Safari oleh Perpustakaan Nasional RI.

“Apa yang kami tampilkan ini merupakan hasil dari literasi oleh para remaja maupun masyarakat desa setempat”, jelasnya.

Mulai dari makanan khas yakni petis runting, getuk runting, sabun cuci piring, sabun cuci muka, tas hasil kerajinan tangan hingga pupuk. Jadi semua yang dibuat dan ditampilkan memang merupakan hasil dari literasi.

“semua barang atau produk yang terbentuk merupakan hasil dari membaca baca buku serta berselancar di internet menggunakan fasilitas yang disediakan oleh desa”, imbuhnya.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa perpustakaan yang sudah ada 4 tahun ini memang terbantu dengan adanya program Perpuseru dari Coca Cola melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati, khususnya dalam 2 tahun ini.

“Tahun 2018, kami mendapat bantuan internet suply besar, bandwitch besar ditambah 2 unit PC. Inilah yang dimanfaatkan oleh anak – anak dan masyarakat. Selain itu dari Arpusda Pati, kami mendapat 2 kardus berisi berbagai macam kategori buku – buku baru”, pungkasnya.

Dia berharap bahwa, dengan adanya kegiatan safari seperti ini, dapat meningkatkan minat baca masyarakat, terlebih mengingat bahwa tingkat minat baca di Indonesia tergolong rendah. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *