Peringatan HGN, Komunitas SGM Napak Tilas Perjalanan Pendidikan di Pati

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Komunitas Solidaritas Guru Merdeka (SGM) memiliki cara yang unik dalam memperingati hari guru nasional (HGN) yang jatuh pada 25 November mendatang. Kemarin, mereka menggelar napak tilas perjalanan pendidikan yang ada di Pati.

Tujuan perjalanan mereka yaitu Sekolah Dasar (SD) Wedarijaksa 01 yang rupanya telah berdiri sejak era kolonial. Tak ayal sekolah itu turut menjadi saksi bisu perjalanan dunia pendidikan di Kabupaten Pati.

Sekolah tersebut diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1918 dan tetap berdiri hingga sekarang. Salah satu gedungnya bahkan tampak masih terlihat kuno. Terlihat dari struktur bangunan hingga penggunaan gedek atau anyaman bambu untuk dindingnya.

Menariknya, bangunan itu masih digunakan hingga sekarang. Meskipun di dinding bagian bawah luarnya tampak telah diperkuat.

Kepala SD Wedarijaksa 01, Sulastri mengatakan, sebenarnya tak hanya bangunan itu saja yang masih otentik. Ada juga WC, dan pendopo kecil yang masih bangunan lama dan dipertahankan hingga saat ini.

“Namun yang paling jelas adalah buku induk di sekolah ini. Terlihat di buku induk itu, awalnya sekolah ini merupakan Volksschool Wedarijaksa. Sekolah di era kolonial Belanda,”tambahnya.

Adapun di buku induk baru terlacak bukti catatan sejak tahun 1934. Namun, hingga di tahun itu tercatat sudah ada 445 siswa yang bersekolah di sana. Di buku induk yang tertulis menggunakan bahasa Belanda itu tercatat nomor induk 445 diisi oleh siswa bernama Hono yang masuk sekolah pada 1 Agustus 1934.

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *