Perindah TPI Ketiga dan Pelabuhan dengan Menanam 550 Pohon

oleh -204 views

Seputarmuria.com, PATI – Dalam rangka memperingati Hari Nusantara yang jatuh pada 13 Desember lalu, kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Bajomulyo menggelar kegiatan tanam pohon di Pulau Seprapat, Kecamatan Juwana, Rabu (18/12/2019).

Kepala P3 Bajomulyo Chammad Mudzakkir mengatakan, total pohon yang ditanam ialah sejumlah 550, terdiri atas kelapa dalam dan cemara.

“Karena kedua jenis tanaman ini cenderung cocok untuk ditanam di wilayah yang dekat dengan pantai. Waktu penanaman pun kita pilih akhir tahun, kebetulan curah hujan di Kabupaten Pati dan sekitar masih rendah. Sehingga bibit pohon yang ditanam nantinya dapat tumbuh dengan baik,” ungkapnya.

Lokasi lahan tempat penanaman pohon ialah milik Pemerintah Kabupaten Pati.

Tanah seluas 10 hektare ditambah lambiran 2 hektare ini baru saja dibeli Pemkab Pati dan rencananya akan digunakan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ketiga dan pelabuhan baru.

“Penanaman ratusan pohon juga untuk memperindah pelabuhan baru nantinya,” ucap Chammad.

Ia menyebut, dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati.

Hal ini bertujuan agar penanaman pohon sesuai dengan setting pembangunan pada lahan tersebut.

“Harapannya, pohon yang sudah kami tanam tidak tergusur karena pembangunan,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, kegiatan penanaman pohon ini diikuti peserta dari SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana, Satpolair Juwana, TNI AL, PSDKP, Dinas Kelautan dan Perikanan wilayah timur Provinsi Jawa Tengah, Karang Taruna, Perwakilan Desa Bendar dan Bajomulyo, dan TPI unit I dan II. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *