Perbaiki Karakter Diri Melalui Disiplin Sejak Dini

oleh -11 views

Seputarmuria.com, PATI – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan bahwa disiplin dalam segala hal sangat diperlukan dan dibisakan sejak masih muda. Mulai dari disiplin waktu, disiplin dalam mengatur keuangan dan seterusnya.

“Kepada para pemuda, modal utama yang sangat dibutuhkan bukanlah uang, namun kedisiplinan. Apabila hal tersebut dilakukan, maka segala sesuatu yang baik akan dapat terlaksana”, ujar Saiful Arifin ketika memberikan motivasi kepada organisasi kepemudaan di Aula Dinporapar Pati, Kamis (30/7/2020).

Mencontohkan dirinya sendiri, ia mengungkapkan bahwa kedisiplinan telah ia lakukan sejak masih sangat muda meskipun awalnya memang terasa sangat berat.

“Meski berat, alhamdulillah dapat menjalani perjalanan hidup dengan baik hingg saat ini”, jelasnya.

Selain itu, dari sekian macam modal yang ia sampaikan, modal yang paling mudah diterapkan terlebih dahulu ialah modal disiplin waktu.

“Sebab waktu ini kan kita tidak beli dan tidak bayar, hanya perlu pengelolaan dari dalam diri sendiri. Kita janjian, kita ada kegiatan dan seterusnya, nah itu adalah salah satu contohnya”, imbuhnya.

Apabila hal tersebut mulai dapat diterapkan, kemudian yang perlu pengelolaan lagi ialah disiplin keuangan. Bagaimana agar keuangan yang ada bisa terkelola dengan kedisiplinan.

Menurutnya, disiplin merupakan kunci utama untuk dapat memperbaiki diri. Sebab ia meyakini bahwa pemuda merupakan tumpuan bangsa dan harapan semua orang.

“Seperti pepatah dari Bung Karno, beri aku seribu orang tua maka akan aku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia. Jadi perbandingannya ialah 10 banding 1000, dan ini telah diingatkan sejak dulu”, paparnya.

Namun, lanjut Wabup, 10 pemuda tersebut merupakan pemuda yang benar – benar berkualitas, berkarakter yang baik, maka harapannya mereka ini dapat menggantikan 1000 orang tua. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *