Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Gambar dengan Metode Three Minute Speech

oleh -25 views

Oleh : Dwi Julyati Kustinah
Guru SMA N 3 Pati

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA terdapat dua jenis kompetensi, yaitu kompetensi produktif (vocational skill) dan kompetensi antar pribadi (interpersonal skill). Kecakapan interpersonal mencakup kecakapan berkomunikasi (communication skill) dan kecakapan bekerja sama (collaboration skill). Jenis kompetensi ini ternyata memegang peranan yang sangat signifikan dalam persaingan merebut kesempatan kerja. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Inggris memainkan peran yang penting karena tidak dapat dipungkiri bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang digunakan secara luas di dunia kerja.

Masih banyak keluhan dari berbagai pihak tentang rendahnya kemampuan lulusan SMA untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, terutama dalam komunikasi secara lisan. Guru sebagai ujung tombak memiliki tanggung jawab yang besar untuk membekali lulusan SMA dengan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, terutama secara lisan. Guru mata pelajaran Bahasa Inggris harus secara aktif mencari metode yang dapat merangsang siswa untuk berani berbicara dalam bahasa tersebut.

Salah satu alasan kegagalan pembelajaran ketrampilan berbicara Bahasa Inggris adalah karena lebih dari 50 % siswa tidak berani berbicara Bahasa Inggris di depan kelas karena takut salah, terutama karena mereka tidak yakin dengan apa yang harus disampaikan dan bagaimana harus mengatakannya. Banyak siswa merasa sangat terancam dalam situasi seperti ini sehingga mereka tidak mampu memproduksi bahkan kalimat-kalimat sederhana sekalipun. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas dan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan pengaruh dari faktor siswa, guru, dan sekolah.

Guru berupaya mencari metode pembelajaran yang dinilai sesuai adalah metode pembelajaran dengan metode Three Minute Speech. Oleh karena itu perlu dilakukan Penulisan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran dengan metode Three Minute Speech untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris.

Tujuan Penulisan dalam Penulisan ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dengan media gambar dan metode Three Minute Speech dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris siswa! 2) Untuk mengetahui dengan media gambar dan metode Three Minute Speech dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas.

Hakekat Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan (Hamalik Oemar : 2001). Menurut pengertian ini belajar merupakan suatu proses yakni suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Yang menjadi hasil dari belajar bukan penguasaan hasil latihan melainkan perubahan tingkah laku. Karena belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku, maka diperlukan pembelajaran yang bermutu yang langsung menyenangkan dan mencerdaskan siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *