Pemkab Dukung Raperda Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Hasil Prakarsa DPRD Pati

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Pemkab Pati mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS yang diprakarsai oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mewakili Bupati Haryanto saat menyampaikan pendapat akhir di forum Rapat Paripurna DPRD Pati, Selasa (15/9/2020).

“Pada prinsipnya eksekutif memiliki kesepahaman terhadap perlunya pengaturan tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS,” ujar Wabup.

Terkait perkembangan HIV/AIDS di Kabupaten Pati, lanjut Wabup, sebagaimana penjelasan pemrakarsa Raperda dimaksud, Pemkab Pati telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan serta penanggulangan.

Adapun beberapa upaya dimaksud ialah promosi kesehatan, pencegahan penularan sesuai tahapan khususnya untuk pihak rentan dan resiko tinggi, pemeriksaan diagnosis HIV/AIDS, pengobatan dan perawatan, rehabilitasi, memaksimalkan peran komisi penanggulangan AIDS kabupaten, serta ikut memberdayakan masyarakat dalam upaya penanggulangan.

“Hal tersebut akan terus diupayakan dan dapat terwujud dengan adanya komitmen semua pihak,” tegasnya.

Dengan adanya pembahasan Raperda, tersebut, beliau berharap dapat dilaksanakan dengan baik melalui penajaman substansi serta pembahasan secara detail dalam tahapan selanjutnya dan memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Untuk diketahui bahwa Komisi D DPRD Pati mengajukan Raperda ini karena sejauh ini belum ada regulasi di tingkat pemerintah daerah yang mengatur pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. (Er)

Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk profil perusahaan, personal blog, toko online, dan UKM. Solusi Digital adalah partner terbaik untuk bisnis Anda dalam menghadapi Era Digital. Jasa pembuatan aplikasi pun tersedia untuk Anda yang ingin membuat solusi bisnis berbasis aplikasi web maupun mobile. Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *