Pemberian Santunan Kematian Pada 239 Penerima

oleh -255 views

Seputarmuria.com, PATI – Bertempat di ruang Penjawi Setda Pati, Senin (5/8/2019) digelar pemberian santunan kematian tahap 2 tahun 2019 oleh Dinas Sosial Kabupaten Pati yang dihadiri oleh puluhan warga atau ahli waris yang menjadi keluarga maupun saudara penerima santunan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati, Subawi mengatakan, dalam proses penyerahan santunan kematian tahap dua ini, akan di serahkan kepada penerima sebanyak 239 yakni para ahli waris.

“Karena tidak dapat diserahkan secara tunai, maka para ahli waris yang mendapat santunan kematian, dapat mencairkan dana tersebut ke bank yang telah ditunjuk oleh Pemkab Pati”, jelas Subawi.

Adapun dalam penyerahan santunan ini, yakni sebesar 1 juta untuk sebanyak 239 ahli waris. Bagi pendamping dari desa, diharapkan dapat mendampingi yang bersangkutan untuk mencairkan dana bantuan tersebut melalui virtual akun yang diberikan kepada pihak bank.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam santunan tersebut mengucap syukur dapat melaksanakan penyerahan santunan kematian tersebut. Terlebih bahwa santunan ini, jelang Hari Jadi Pati dan HUT Kemerdekaan RI, jumlahnya pun cukup banyak.

“Yang namanya kematian itu kan tidak ada yang tahu kapan datangnya. Oleh karena itu, bagi keluarga maupun ahli waris yang ditinggalkan kelurganya, jangan sedih berlarut – larut”, ungkapnya.

Haryanto menegaskan bahwa anggaran santunan ini, memang merupakan hak yang diperuntukkan meringankan beban. Santunan seperti ini memang telah berjalan selama 6 tahun di dalam pemerintahannya.

“Selain itu, nanti kita juga akan memberikan bantuan kepada saudara – saudara kita yang disabilitas. Begitupun dengan korban bencana, namun semua itu memang membutuhkan proses”, terangnya.

Santunan ini merupakan bentuk empati dari pemerintah kabupaten. Selain itu, Haryanto juga menghimbau kepada para pendamping dari desa, untuk tidak meminta “jatah” kepada penerima santunan, namun justru lebih baik ditambah.

“Kalau perangkat desa mengantarkan ya jangan sampai mengurangi hak dari penerima. Kalau perlu malah ditambah, benar itu, jangan sampai terjadi. Selain itu, mengurus santunan kematian seperti ini lebih mudah, gampang dan tidak ada potongan”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *