Pati Expo 2019, Sarana Kenalkan Produk Lokal di Kancah Nasional

oleh -694 views

Seputarmuria.com, PATI – Jelang Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati, HUT Kemerdekaan ke 74 RI, serta Hari Koperasi ke 72, Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Pati memboyong sejumlah instansi menggelar acara Pati Expo 2019.

Pelaksanaan Pati Expo 2019 dijadwalkan mulai tanggal 4-10 Agustus 2019, yang terbagi 4 (empat) kegiatan yaitu, Pati Tourism Expo oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata, Pameran/Bazar UMKM oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Festival Pangan Lokal oleh Dinas Ketahanan Pangan, serta pameran dari mitra / sponsorship.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu, Peraturan Daerah Kab. Pati Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab. Pati Tahun 2019.

“Bentuk kegiatannya ialah, Pameran Produk UMKM, Pameran Produk Unggulan Khas Kab. Pati, Pameran Inovasi Produk, Promosi Wisata Unggulan Kab. Pati meliputi Wisata Alam, Agrowisata, Religi dan Kuliner. Sosialisasi Program Unggulan di masing-masing OPD, Dinas Vertikal dan Kantor Pelayanan Kesehatan dan Komunikasi”, ujar Plt Dinkopumkm Pati, Edy Sulistiyono saat membacakan laporan.

Selain itu, lanjut dia, ada juga Makan Bersama Produk Olahan Pangan Lokal, Lomba Inovasi Olahan Pangan Lokal, Bazar Produk Olahan Pangan Lokal serta Jalan Sehat.

“Kegiatan ini bertujuan antara lain pengenalan usaha dan produk UMKM, membuka peluang membangun kerja sama bisnis, memajukan dan meningkatkan kualitas, manusia, produk dan kemampuan dalam pemenuhan permintaan pasar, membangkitkan tercapainya pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Meningkatkan apresiasi seni dan kreatifitas karya seni, mengembangkan potensi daerah sebagai daya tarik, daerah untuk memperkenalkan di kancah nasional”, paparnya.

Peserta yang berkontribusi dalam kegiatan ini adalah, lanjut Edy, yaitu pelaku UMKM Kabupaten Pati, pengrajin industri ekonomi kreatif, pelaku usaha pariwisata, para kreator olahan pangan lokal, OPD, BUMN, BUMD terkait, dan stakeholder yang fokus pada pengembangan UMKM, Dinas Pariwisata se-Pakudjembara.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa expo ini merupakan wadah bagi para pelaku UMKM maupun pegiat wisata agar tidak hanya melakukan promosi seperti pada umumnya, namun juga menggelar aksi seperti expo ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, tidak hanya dikenal oleh masyarakat saja, namun juga untuk menunjukkan bahwa produk – produk lokal kita tidak kalah dengan produk pabrikan”, ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Pati telah membina para pelaku UMKM maupun pelaku wisata alam, kuliner dan religi yang ada. Bahkan ada juga yang sampai saat ini belum terakomodir saking meningkatnya antusias masyarakat.

“Apabila ada kekurangan, mudah – mudahan dapat kita benahi di pelaksanaan kegiatan yang akan datang maupun di masa mendatang. Sebab, dari dulu memang kita ingin maksimal, namun selama ini memang terbentur keterbatasan”, tegasnya.

Bupati menegaskan, kegiatan seperti ini bukan hanya sekedar seremoni saja, namun ini sebagai wujud dan bukti kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk – produk di luar daerah. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *