Pati Berencana Memiliki Laboratorium Bahasa

oleh -498 views

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto mengucapkan terima kasihnya atas bantuan dalam bentuk peralatan demi menunjang kebutuhan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Pati oleh Kementrian Tenaga Kerja RI.

Hal tersebut Bupati Haryanto sampaikan saat menghadiri pembukaan Job Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pati, Rabu (24/7/2019).

“Dan arah saya kedepan, kita ini membutuhkan laboratorium bahasa. Sebab, permasalahan para pencari kerja apabila ingin kerja diluar negeri ialah terkait bahasa”, ujarnya.

Selain itu, lanjut Bupati, apabila tenaga kerja asing masuk kesini tidak ada persyaratan seperti itu. Namun, jika para pencari kerja ingin ke luar negeri, ada persyaratan mampu berbicara dengan bahasa asing.

“Oleh karena itu, selain adanya bantuan – bantuan penunjang guna membina para pencari kerja, apabila ada kelebihan program – program dari pusat, dapat dialihkan ke kita”, harapnya.

Hal ini lantaran, Bupati menyebut bahwa jika masyarakat hanya mengandalkan ingin menjadi PNS saja, itu sulit. Sebab semuanya diatur dalam aturan maupun mekanisme yang ada.

“Kita harus dapat berwirausaha. Kita harus dapat bekerja minimal di perusahaan, itu tidak masalah. Lha nanti apabila di dalam perjalanan sudah mempunyai modal dan keinginan membuka usaha, ya silahkan membuka usaha”, tegasnya.

Haryanto mengatakan, banyak dari para TKI / TKW yang kerja, kemudian pulang ke Pati sudah mampu membuka usaha sendiri, mempunyai peternakan dan lain – lain.

“Sudah kita sampaikan ke desa – desa, masyarakat apabila butuh pelatihan dapat kita fasilitasi. Hal ini dalam rangka mengentaskan pengangguran, sebab kalau punya kemampuan ditambah pelatihan dan mendapat sertifikat, itu pasti bisa masuk perusaahan”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *