Panitia Pilkades Selesai Dibentuk, Lanjut Pembekalan

oleh -506 views

Kasubag Pemerintahan Desa Setda Pati, Indah Pebriana

Seputarmuria.com, PATI – Pembentukan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) ditarget rampung tanggal 10 Oktober. Setelah panitia terbentuk, tiap ketua akan dikumpulkan untuk mendapat pembekalan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubag Pemerintahan Desa Indah Pebriana, saat ditemui tadi, Rabu (9/10/2019).

”Deadline pembentukan panitia pilkades tanggal 10 Oktober. Setelah pembentukan panitia, nanti ada pembekalan,” terang Indah di kantornya.

Sedangkan, untuk pembekalan panitia nanti akan diagendakan pada (12/10) akhir pekan nanti.

Nantinya, pembekalan akan diikuti oleh ketua panitia masing-masing desa. Pembekalan meliputi apa saja yang harus disiapkan untuk menyongsong tahapan-tahapan lanjutan pilkades. Mulai dari persiapan-persiapan, pendaftaran calon, hingga nanti masa pencoblosan dan penghitungan.

”Setelah terbentuk panitia, nanti yang menjadi perhatian adalah penyusunan RAB, dan juga penyusunan jadwal pelaksanaan. Meskipun sudah mendapat acuan jadwal pelaksanaan dari kabupaten, namun panitia diberikan wewenang untuk menyusun jadwal pelaksanaan dan menetapkannya,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Indah, yang menjadi perhatian lain adalah pembentukan wilayah pemilihan. Dari Perbup Nomor 52 Tahun 2019, disebutkan untuk wilayah pemilihan ini nantinya akan dibatasi. Tiga atau lima wilayah.

Indah menyebut, hal itu guna mempermudah kerja panitia, juga sebagai bahan penentuan pemenang. Misalnya terdapat suara draw. Misalnya tiga wilayah. Ada dua calon. Masing-masing mendapat suara 250. Calon A menang di satu wilayah. Calon B menang di dua wilayah. Pemenang adalah calon B. karena menang di dua wilayah.

”Dulu minimal tiga wilayah dan tidak dibatasi. Sekarang dibatasi lima wilayah. Karena melihat keterbatasan panitia,” imbuhnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *