Nelayan di Pati Gelar Aksi Tolak PP 85 2021, Desak DPRD Layangkan Surat ke Presiden dan Menteri KKP

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Perkumpulan nelayan Mina Santosa gelar aksi damai di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Rabu (29/9/2021) siang. Mereka menolak diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Mereka berkesempatan audiensi dengan Komisi B DPRD setempat terkait terbitnya PP tersebut yang dinilai sangat memberatkan para nelayan. Audiensi berlangsung di ruang rapat Badan Anggaran (Banggar) dan diterima langsung oleh Pimpinan DPRD dan anggota Komisi B, serta dari OPD terkait.

“Nelayan berharap PP 85 untuk dikaji ulang karena bagi kami sangat memberatkan Khusunya para nelayan. Dan dengan dampaknya PP 85, banyak pengangguran dari nelayan jaring kantong bertarik. Kalau ini diterapkan, sekitar 20 ribu orang akan nganggur,” kata Ketua perkumpulan nelayan Mina Santosa, Heri Budiyanto usai beraudiensi.

Ia meminta agar DPRD Pati melayangkan surat kepada pemerintah pusat. Hal itu agar pemerintah mengkaji kembali PP yang dirasa sangat mencekik nelayan.

“Kami mohon bapak menteri, bapak presiden, kalau bisa (PP 85 2021) dikaji ulang. Sangat berat bagi kami,” keluh dia.

Dia menambahkan, dengan terbitnya PP tersebut, kapal 100 GT yang semula hanya mengeluarkan pajak Rp50 juta, sekarang menjadi Rp300 juta lebih. Terjadi kenaikan antara 400-600 persen.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin menyampaikan bahwa pihaknya akan berkirim surat kepada Presiden Republik Indonesia. Hal itu berkaitan dengan keberatan dari para nelayan Pati terhadap PP Nomor 85 Tahun 2021 ini.

“Kami siap jika disuruh bersurat terkait beban PNBP yang muncul di tahun ini, yang menjadikan beban bagi para teman-teman nelayan. Kami mendukung (para nelayan) itu dan akan ditindaklanjuti bersurat ke Pak Presiden dan Pak Menteri,” tegasnya.

“Kami juga akan selalu mendampingi teman-teman nelayan untuk meminta perlindungan ke mana pun itu, seperti besok (30/9) yang akan bertemu dengan Pak Gubernur, dan kami juga sudah meminta anggota dari Komisi B DPRD Kabupaten Pati untuk mendampinginya,” pungkasnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *