Momen Wafatnya RA Kartini, Tokoh Perempuan Rembang Napak Tilas

oleh

Seputarmuria.com, REMBANG – Tepat hari Kamis, tanggal 17 September 2020 merupakan momen peringatan wafatnya Raden Ayu (RA) Kartini.

Dalam momen ini, para tokoh perempuan Kabupaten Rembang napak tilas di makam RA Kartini Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.

Rombongan dipimpin oleh istri wakil Bupati Rembang, Vivit Dina Atnasari yang juga menjabat sebagai ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rembang. Bersama rombongan sejumlah ibu-ibu tokoh pengusaha di Rembang.

“Kami bersama rombongan, kali ini ziarah di taman makam pahlawan emansiapasi wanita Raden Ayu Kartini. Bahwa tanggal 17 september adalah hari wafatnya beliau. Kemudian kita berziarah di makam beliau, mengenang jasa-jasa beliau,” kata Vivit Dina, istri wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto.

Vivit menyebut, sosok RA Kartini menjadi suri tauladan bagi para wanita di Indonesia, khususnya Kabupaten Rembang. Menurutnya, atas perjuangan emansipasi RA Kartini, sosok istri mampu sejajar dengan suami untuk mendukung seluruh aktivitasnya.

“Mudah-mudahan kita para wanita ini bisa meneruskan perjuangan bu Kartini. Raden Ayu Kartini adalah wanita yang tangguh, beliau berhasil menggerakkan wanita, untuk berjuang mendampingi para suami,” jelasnya.

“Sehingga para wanita ini tidak hanya di bagian belakang. Tapi juga ikut mendampingi suami, sejajar dgn suami. Memperjuangkan masyarakat, kalau dalam hal ini di Kabupaten Rembang,” lanjutnya.

Sementara Masringah, seorang wanita pengusaha di Rembang, menyebut Kabupaten Rembang tak bisa lepas dari sosok Kartini. Perjuangan yang dilakukan RA Kartini kala itu berimbas hingga saat ini, bahkan sampai bermunculan tokoh wanita dari berbagai daerah di Indonesia.

“Di Rembang, walaupun beliau hanya 1 tahun tinggal di Rembang, tapi cukup banyak peninggalan jasa-jasa beliau di Rembang ini. Kami sebagai kaum perempuan selayaknya mengenang beliau sebetul-betulnya atas jasa-jasa beliau,” katanya. (Ed)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *