Model Pembelajaran Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

oleh -18 views

Oleh : Drs. Sagino, M.Pd.
(Guru PKn SMA N 1 Pati)

Kenyataan pembelajaran di kelas Mapel Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Pati selama ini berkesan kurang menarik, tidak menantang dan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam situasi yang berlangsung secara monoton peserta didik merasa bosan dan tersiksa.

Komunikasi pembelajaran hanya satu arah. Apalagi guru sebagai motivator dalam pembelajaran hanya menggunakan Tipe ceramah, maka suasana pembelajaran akan semakin tidak menarik. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya inovatif dan kreatif dari semua komponen pembelajaran yang meliputi peserta didik, lingkungan sekolah, sarana belajar, kurikulum dan faktor guru dengan berbagai Tipe pembelajarannya. Hal ini dilakukan dengan harapan pelaksanaan program MBS yang mengarah pada Pengajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).

Keberhasilan penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Mapel PKn dengan KD menganalisis Hubungan dasar Negara dengan konstitusi, mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan nontes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik.

Pendekatan pembelajaran percaya bahwa belajar yang baik adalah penuh disiplin, patuh, guru sebagai satu-satunya sumber ilmu. Sementara itu nampak bahwa hasil proses pembelajaran semacam itu menciptakan peserta didik dan guru yang monoton dan statis.

Pembelajaran PKn dengan menggunakan berbagai pendekatan / Tipe, teknik dan Tipe pembelajaran variatif dan inovatif dapat diterapkan dalam setiap materi pembelajaran sehingga menarik peserta didik.

Hasil belajar yang rendah ini dapat dilihat dari hasil tes peserta didik pada materi Indonesia Masa Penjajahan, dengan nilai tertinggi 90, nilai terendah 45 dan nilai diatas KKM sebesar 75 sebesar 38,23%.

Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah : Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Tipe Make A Match dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA5 Semester 2 SMA Negeri 1 Pati tahun pelajaran 2017/2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *