Menag Minta Maaf Usai Pemakaman Mbah Moen di Makkah

oleh -288 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta maaf di hadapan ribuan umat muslim saat acara doa bersama dalam rangka memperingati 40 hari wafatnya KH. Maimoen Zubair  di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Sabtu (14/9) malam.

Ia meminta maaf bilamana saat pemakaman jenazah Mbah Moen di Ma’la Makkah ada yang masih dianggap kurang.

“Saya hadir ini bukan hanya  menyambung silaturrahmi saja, saya  hadir di sini untuk menyampaikan maaf saya sebesar-besarnya. Khususnya kepada  keluarga besar, Bu Nyai, putra-putri almaghfurlah, Kiai Maimoen Zubair  dan santri. Saya mohon maaf bila ketika mengurus jenazah almarhum saat itu, banyak hal yang tidak pada tempatnya,” kata Lukman. 

Kemudian, ia pun mengharap maklum kepada warga Indonesia terkait prosesi pemakaman jenazah Mbah Moen yang berbeda dengan tradisi pemakaman di Indonesia. Sebab, Mbah Moen dimakamkan di Ma’la Mekah, sehingga harus mengikuti tata cara di sana. 

Di suatu sisi, pihaknya juga mengaku takjub soal proses pemakaman Mbah Moen di Arab Saudi yang terkesan dimudahkan segala urusannya. Meskipun prosesnya dilakukan di negara lain yang pada umunya akan lebih sulit. 

“Bahkan, KH. Mustofa Aqil mengatakan, meski sudah wafat, beliau mengurus dirinya sendiri. Karena kebesaran beliau, semua urusan pemakaman dimudahkan,” ucapnya.

Lukman berterimakasih pada pemerintah Arab Saudi, KJRI, dan santri Mbah Moen yang kebetulan sedang berhaji ketika Mbah Moen meninggal. Lukman mengatakan, bersama banyak pihak lain, mereka semua telah membantu proses pemakaman Mbah Moen.

Acara doa bersama diawali dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Habib Abubakar Assegaf  dan ditutup dengan doa oleh Habib Lutfi Bin Yahya. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *