Manfaatkan Teknologi Ala Siswa Madrasah Darul Falah Sirahan, Menggunakan E-Voting Dalam Pemilu ISDA

oleh -1,029 views

Seputarmuria.com, PATI – Pemilihan umum ketua Ikatan Siswa Siswi Darul Falah (ISDA) Madrasah Darul Falah, berbeda dari biasanya. Dari yang awalnya menggunakan cara konvensional, tahun ini panitia membuat inovasi melalui E-voting.

Sebelumnya, pelaksanaan dengan menggunakan sistem E-Voting ini telah disosialisasikan kepada seluruh siswa yang memiliki hak pilih. Sosialisasi dilakukan oleh panitia pemungutan suara (red – KPPS), serta diawasi oleh guru kelas yang bertindak sebagai panitia pengawas pemilu.

Untuk diketahui bahwa dalam sistem E-Voting ini, menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh panitia (red – KPU ISDA) yang sudah dipasang ke komputer, laptop dan HP berbasis android yang tersedia di masing-masing kelas, yang juga berfungsi sebagai tempat pemungutan suara.

Tiap satu kelas menjadi satu TPS. Hasil E-Voting di masing-masing TPS itu langsung terhubung ke server milik panitia. Sehingga dalam waktu singkat hasil pemungutan suara dapat dilihat.

Direktur Perguruan Islam Darul Falah, Syamsudin Sukahar menjelaskan, kegiatan pemilihan ketua organisasi siswa ini memang dilaksanakan secara langsung oleh para siswa sendiri. Hal itu dilakukan untuk melatih demokrasi sejak dini.

”mereka diberi kebebasan untuk memilih siapa pemimpinnya. Dilihat dari pemaparan visi misi dan program ketika masa kampanye. Dengan latihan berdemokrasi ini diharapkan bisa membawa kemajuan dalam berorganisasi dengan tetap mengedepankan ketakwaan dan akhlakul karimah,” terang Syamsudin.

Dengan digunakannya sistem E-Voting ini, lanjutnya, sekaligus menegaskan jika siswa madrasah pun tak kalah dengan sekolah lain. Dimana bisa melek teknologi dengan memanfaatkannya untuk memilih pemimpin mereka.

”Selain itu dengan sistem ini, proses pemungutan suara menjadi efektif dan efisien,” paparnya.

Pada pemilu tahun ini, ada 1150 siswa yang memiliki hak pilih. Mereka terdiri dari siswa jenjang MTs dan MA. Ada lima calon yang maju dalam pemilihan tersebut. Antara lain M Ainur Rohman kelas XI Agama, Sofwan Mashadi Ahmad kelas XI Agama, Yudha Aji Prasetya kelas X IPA, Naila Khoirunnisa’ kelas XI Agama, dan Syafira Linsiana kelas X IPA. Calon terpilih adalah Yudha Aji Prasetya kelas X IPA yang mengumpulkan 427 suara. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *